Menteri Johnny G. Plate. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 telah mengakselarasi tranformasi digital secara nasional. Bahkan dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika, selama 2021, terjadi pertumbuhan positif sektor informasi dan komunikasi (infokom).

Diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, sektor infokom itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72%, 6,87% dan 5,51% year-on-year. “Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital.” ujarnya dalam Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (28/12).

Baca juga:  Gelaran MotoGP Diharap Makin Memperkenalkan Indonesia ke Dunia Internasional

Ia menyatakan sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, pihaknya terus berupaya mendorong migrasi aktivitas masyarakat lewat pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Pembangunan yang sebelumnya didorong karena disrupsi teknologi, kini dipacu untuk semua sektor. “Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan penanganan pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir, memerlukan kerja keras seluruh komponen bangsa. “Suksesnya kita mengatasi pandemi COVID-19 adalah kegotong-royongan secara nasional, semua komponen termasuk komponen media di dalamnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Kejagung Jadwalkan Pemeriksaan Muhammad Lutfi

Ia mengajak semua pihak untuk senantiasa mempertahankan kondisi itu meskipun Varian Omicron saat ini tetap menjadi perhatian secara khusus. “Kita harapkan pengendalian COVID-19 di Indonesia dapat berlangsung dengan baik, landai. Sehingga kita bisa kembali untuk bergerak cepat untuk mengisi pembangunan nasional kita,” paparnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN