Basarnas Siaga Nataru. (BP/Edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), serta mengantisipasi arus transportasi di Bali, Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) penyelenggaraan Siaga SAR Khusus. Gelar pasukan dilaksanakan, Jumat (17/12/2021) di halaman Kantor Basarnas Bali yang diikuti oleh seluruh pegawai.

Siaga SAR Khusus tersebut dimaksudkan untuk mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) di masa pandemi Covid-19. Dimana, selama siaga SAR Khusus Nataru yang berlangsung selama 11 hari, turut melibatkan 136 personil dengan pergerakan ke lokasi yang diprediksi rawan terjadi kecelakaan. Disamping itu juga ada pemantauan ke Bandara dan pelabuhan-pelabuhan penyebrangan kapal berpenumpang, namun dengan tetap menetapkan protokol kesehatan cegah Covid-19.

Baca juga:  Peringati Hari Kartini, Puluhan Polwan Bersihkan Pasar

Dalam pengarahannya, Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P., menegaskan bahwa kesiapsiagaan ini tetap fokus pada penanganan kecelakaan dengan kondisi khusus yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Basarnas. “Meskipun kesiapsiagaan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, tetap harus ada peningkatan sistem quick response SAR jika terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Selain kesiapsiagaan juga perlu tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait dan potensi SAR. Ada yang istimewa dalam awal gelar pasukan siaga SAR Khusus Nataru kali ini, karena bersamaan dengan ulang tahun Basarnas Special Group (BSG). “Basarnas Bali memiliki putra-putra Bali yang juga tergabung dalam BSG dan sudah dikembalikan bertugas di Basarnas Bali, saya ucapkan selamat dan semoga lebih baik kedepannya, ” ucapnya. (Yudi Karnaedi/Balipost)

Baca juga:  Kampung Mandiri di Desa Bongkasa Pertiwi

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *