Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kunjungan Presiden RI di Makorem 163/Wira Satya, Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan anggota TNI-Polri mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung III 2021 dalam rangka pengamanan kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bali. Presiden akan berada di Bali selama dua hari, 2-3 Desember 2021.

Apel tersebut dipimpin Danrem 163/Wirasatya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H. dan dilakukan di lapangan Makorem, Denpasar, Rabu (1/12). Danrem Husein mengatakan, pengamanan VVIP bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan, serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi. “Pengamanan VVIP harus dilakukan sesuai SOP (standard operational procedure). Masing-masing personel harus tahu siapa, berbuat apa dan harus mengetahui tugas serta fungsi tugasnya,” ujarnya.

Baca juga:  Cabuli Anak 13 Tahun, Segini Tuntutan Terdakwa

Brigjen Husein mengungkapkan, pengamanan tersebut tidak boleh menjadi sesuatu yang monoton dan rutinitas. Setiap operasi pengamanan adalah sesuatu yang baru dan selalu ada dinamika berbeda di lapangan.

Untuk itu diperlukan kepedulian, sikap tanggap dan kesiapan semua satuan tugas pengamanan. “Antisipasi munculnya gangguan nyata dalam bentuk aksi unjuk rasa, pembentangan spanduk, penyebaran famplet atau brosur di sepanjang yang dilalui Presiden RI dan rombongan,” ungkapnya.

Baca juga:  Honor Pokja KPU Klungkung Jadi Temuan BPK

Husein menegaskan, seluruh satgas yang terlibat dalam operasi ini harus melaksanakan pengamanan all out. Masing-masing personel tiap satgas mampu menjabarkan perintah dan tugas yang sudah diberikan.

Selain itu meningkatkan koordinasi TNI-Polri dan stakeholder lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan kunjungan presiden berjalan lancar dan sesuai rencana. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN