Bupati Suwirta saat mengajak Kepala Cabang Bank Germany di Indonesia Mr. Burkhard Hinz ke TOSS Center, Desa Kusamba. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima kunjungan dari Kepala Cabang Bank Germany di Indonesia Mr. Burkhard Hinz di TOSS Center, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan Minggu (21/11). Kunjungan ini dalam rangka rencana pemberian bantuan oleh Bank Germany kepada Pemkab Klungkung atas keseriusannya dalam menangani masalah sampah.

Mendampingi Bupati, turut hadir Kapala Baperlitbang Kabupaten Klungkung Anak Agung Lesmana, Kadis DLHP Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana dan Kadis Pariwisata Anak Agung Gede Putra Wedana. Di hadapan Mr. Burkhard Hinz, Bupati Suwirta menceritakan awal dibuatnya TOSS Center hingga menjadi seperti sekarang.

Baca juga:  Cegah Transmisi Lokal, Sat Pol PP Mulai Tertibkan Pedagang di Terminal

Menurut Bupati ini adalah bentuk keseriusan Pemkab Klungkung dalam menangani masalah sampah setelah ditutupnya TPA Sente. Sejalan dengan TOSS Center, semua desa di Kabupaten Klungkung juga didorong untuk menangani sampah secara mandiri. “Intinya bagimana mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah dari sumber,” ujar Bupati Suwirta dihadapan Kepala Cabang Bank Germany di Indonesia Mr. Burkhard Hinz.

Setelah berkeliling di TOSS Center, Bupati Suwirta lanjut mengajak Kepala Cabang Bank German di Indonesia Mr. Burkhard Hinz melihat lebih dekat kondisi TPA Biaung di Nusa Penida dan salah satu destinasi wisata Pantai Klingking, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

Baca juga:  Bale Pawedaan Pura Ratu Pasek di Pundukdawa Roboh

Kepala Cabang Bank Germany di Indonesia Mr. Burkhard Hinz sangat mengapresiasi Pemkab Klungkung yang dengan serius menangani masalah sampah. Ini terlihat dari dibangunnya TOSS Center sebagai upaya dalam menangani masalah sampah.

Menurut Mr. Burkhard Hinz, Klungkung yang mempunyai banyak destinasi wisata, masalah sampah harus menjadi perhatian serius. Sementara terkait dengan rencana pemberian bentuan pihaknya berharap Pemkab Klungkung bisa membuat usulan besar yang didalamnya mencakup masalah lingkungan (sampah), infrastruktur dan transportasi masal. (Adv/balipost)

Baca juga:  Antisipasi Genangan, BPJN Perbesar Cross Drain di By Pass Nusa Dua
BAGIKAN