Tumpukan sampah warga di Gilimanuk tepatnya di tempat pembuangan sementara (TPS) di Lingkungan Arum, Rabu (17/11) akhirnya diangkut ke TPA Peh. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Tumpukan sampah warga di Gilimanuk tepatnya di tempat pembuangan sementara (TPS) di Lingkungan Arum, Rabu (17/11) akhirnya diangkut ke TPA Peh. Sampah ini sudah terkumpul sejak sebelum Galungan atau sepekan lebih.

Karena terbentur libur hari raya dan jadwal pengambilan sampah dari TPA, sampah menumpuk di TPS tersebut. Sejak Rabu pagi, truk dari Dinas LH dikerahkan hingga delapan unit bolak balik untuk mengangkut sampah.

Baca juga:  Abrasi Rusak Senderan Delod Berawah

Proses pengangkatan sampah ke truk dan pembersihan TPS juga melibatkan warga sekitar. Diantaranya, kelompok sampah Bali Lestari dan relawan.

Lurah Gilimanuk Ida Bagus Tony Wirahadikusuma, Kamis (18/11), membenarkan sempat ada penumpukan sampah karena keterbatasan armada truk sampah di Gilimanuk. Menurutnya untuk sampah yang menampung seluruh Gilimanuk, ada dua TPS di antaranya di belakang Pasar Umum Gilimanuk dan Arum.

Di Arum sempat terjadi penumpukan lantaran libur panjang saat Galungan belum diambil ke TPA. Sementara keterbatasan truk sampah di Gilimanuk. “Hanya satu armada dan kemarin libur panjang, maka volume sampah cukup banyak. Sedangkan kontainer tidak cukup, sehingga sampai keluar dan terjadi penumpukan di Arum,” kata Wirahadikusuma.

Baca juga:  Sembilan Desa di Tabanan Inovatif Tangani Sampah

Setelah dilakukan koordinasi, akhirnya seluruh sampah yang menumpuk di TPS dibersihkan bersama-sama. Dan diangkut dengan mengerahkan 8 armada truk untuk dibawa ke TPA Peh. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *