Mutasi ketiga kalinya di lingkungan Pemkab Tabanan oleh Bupati Sanjaya, Jumat (5/11). (BP/Bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Ketiga kalinya gerbong mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan bergerak sejak kepemimpinan Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya. Menariknya, kali ini 13 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) atau setingkat Kepala Dinas bergeser posisi, atau mengisi jabatan baru. Itu terlihat dalam pelantikan 40 orang pejabat yang terdiri dari eselon II, III dan IV oleh Bupati Sanjaya, secara virtual, Jumat (5/11).

Dari data BKPSDM Tabanan, dari total 40 orang pejabat eselon II, III dan IV yang dilantik. Rinciannya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) 13 orang, Pejabat Administrator (Eselon III) 7 orang dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) 20 orang. Beberapa pejabat eselon II yang mengisi jabatan baru seperti, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabanan I Wayan Sarba menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggeser I Gusti Ngurah Agung Suryana yang selanjutnya mengisi posisi Kepala Dinas Pariwisata. Sedangkan I Gede Sukanada yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabanan.

Baca juga:  Pinjam Dana Bangun RS Nyitdah, Sejumlah Dokumen Diverifikasi Ulang

Rotasi pejabat eselon II di bidang kesehatan juga bergeser, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika selanjutnya dengan posisi barunya menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB yang memang sempat kosong. Dan posisi Kepala Dinas Kesehatan diganti oleh Dirut RSUD Tabanan dr. I Nyoman Susila.

Kemudian, Kepala Dinas Perhubungan I Gusti Putu Ngurah Darma Utama dengan posisi barunya Kepala Dinas Pendidikan yang sebelumnya dijabat I Nyoman Putra yang selanjutnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja menggantikan posisi I Putu Santika. Sedangkan Putu Santika bergeser menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggantikan posisi I Gst Nyoman Arya Wardana yang mengisi posisi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM. Sedangkan untuk posisi Kepala Dinas Perhubungan kini dijabat I Made Yasa.

Baca juga:  Rekrutmen Tenaga Kesehatan di Tabanan, Dua Formasi Ini Tak Ada Peminat

Tukar posisi jabatan pun mewarnai mutasi kali ini yakni Kepala Dinas Pekeriaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tabanan yang sebelumnya dijabat I Made Yudiana dialihkan ke A.A. Ngr Raka Icwara Wardhana yang menjabat Kepala Dinas Perikanan, begitupun sebalinya.

Khusus untuk pejabat eselon II, dari total 13 pejabat yang dirombak, satu diantaranya berstatus pengisian jabatan kosong, atau posisi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang ditinggal pensiuan oleh Roemi Listyowati per 1 November 2021 lalu. Posisinya yang lowong tersebut kini diisi oleh I GA Supartiwi. Sebelumnya Supartiwi merupakan Camat Penebel yang ikut lelang jabatan sebagai Kepala DPMD Tabanan dan menempati posisi ranking satu.

Baca juga:  Tekan Kenaikan Harga Sembako, Ini Imbauan Pemkab Tabanan

Secara terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) I Gede Susila, menjelaskan mutasi merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan birokrasi sebagai penyegaran dalam merealisasikan visi misi Bupati. “Penyegaran sekaligus untuk memacu semangat di kalangan pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah). Yang sudah lama (pada jabatannya) geser ke tempat yang baru,” ujarnya singkat.

Termasuk juga pihaknya mengingatkan kepada semua pejabat yang dilantik harus cepat bekerja dan menyesuaikan diri. Serta berupaya meningkatkan kinerja supaya lebih baik lagi. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN