DENPASAR, BALIPOST.com – Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan, kunci sukses melaksanakan transformasi Budaya Kerja di BPD Bali ada pada kelancaran komunikasi terutama di internal. Selain itu semua atasan secara konsisten menjadi teladan. Ucapan dan perbuatannya harus sejalan. Penegasan itu disampaikan Dr Aqua saat Rabu (5/8), sekitar lima jam tanpa berhenti sharing Komunikasi dan Motivasi di BPD Bali, jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Acara berlangsung pukul 14.00 Wita dan berakhir pukul 19.00 wita, dibuka Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma. Pesertanya sekitar 40 orang yang jabatan Kepala Bagian (Kabag). “Transformasi Budaya Kerja Untuk Mendukung Kinerja BPD Bali di Tengah Pandemi Covid-19” merupakan tema sharing dan motivasi. Hadir pula dua Direksi BPD Bali lainnya, Direktur Operasional Ida Bagus Gede Setia Yasa dan Direktur Kepatuhan I Wayan Sutela Negara.

“Awal menghadiri sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Pak Aqua, saya sempat agak ngantuk. Apalagi pelaksaannya di saat jam “rawan” yakni siang hari sesudah makan. Belakangan saya jadi semangat. Tidak terasa sampai lima jam. Paparannya menarik sekali,” jelas Setia Yasa.

Baca juga:  Ini, Kunci Sukses Jalin Komunikasi

Sedangkan Negara yang antusias saat sharing berkomentar, “Sejak awal Pak Aqua presentasi, saya sudah tertarik. Banyak pernyataan beliau yang saya catat dan akan saya laksanakan. Saya menikmati selama lima jam sharing dengan Pak Aqua,” katanya.

Dosen luar biasa bidang Komunikasi di semua Sekolah Staf dan Komando (Sesko) milik TNI itu menyampaikam materinya dengan sangat menarik. Disertai pemutaran video-video yang menyentuh hati peserta. Para peserta senang karena interaktif. Mereka bebas mengemukakan pendapatnya dan menyampaikan banyak pertanyaan.

Dr Aqua menambahkan, kelancaran komunikasi terutama di internal perusahaan dapat diwujudkan. Asal semua pegawai apapun level dan jabatannya harus saling menghargai. Jangan ada yang merasa lebih dari yang lain. Setiap pegawai harus menekan egonya. Melihat semuanya setara dari sisi penghargaan sebagai sesama manusia. “Setiap orang, baik laki maupun perempuan, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua inginnya dihargai. Mereka senang mendapatkan itu asal melakukannya secara profesional dan proporsional, jangan berlebih-lebihan,” jelas Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.

Kepada semua pegawai yang mendapat amanah sebagai atasan, Dr Aqua menyarankan agar secara konsisten jadi teladan. Ucapannya harus sama dengan perbuatan. Setiap karyawan, lanjut bapak dua anak ini, pasti selalu menilai atasannya. Itu sah-sah saja. Mereka merindukan pimpinan yang dapat dijadikan panutan.

Baca juga:  Antisipasi Peningkatan Wisatawan, SAR Disiagakan di Beberapa Titik

“Untuk itu berusahalah secara terus menerus menjadi teladan. Jika ada masukan dari bawahan agar disimak dan kalau positif sebaiknya dilaksanakan. Jangan pernah alergi terhadap saran-saran dari siapapu juga,” tambah Dr Aqua.

Untuk mempercepat transformasi Budaya Kerja di perusahaan, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia ini menyarankan agar di setiap bagian ada role model yang menjadi contoh bagi teman-temannya. Pemilihan orangnya harus obyektif dan terukur. Sehingga saat sudah terpilih orangnya tidak ada karyawan yang komplain. Mereka yang terpilih sebagai role model, ujar Dr Aqua, agar dapat terus-menerus menjadi teladan di lingkungan kerjanya masing-masing. Kemudian secara persuasif mengajak teman-temannya di satu bagian untuk melaksanakan budaya kerja dengan konsisten. “Agar para role model selalu semangat, keteladanan mereka yang menjadi contoh bagi teman-temannya perlu diapresiasi. Wujudnya tidak selalu harus uang,” kata Dr Aqua.

Sedangkan karyawan yang melanggar dan tidak melaksanakan Budaya Kerja menurut mantan wartawan di banyak media ini perlu diberi sanksi sesuai dengan kesalahannya. Sekaligus sebagai terapi kejut bagi yang lainnya.

Baca juga:  Ini, Hasil Operasi Sikat Agung

Penulis buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi itu mengapresiasi Budaya Kerja di BPD Bali yang telah diluncurkan sejak 14 Februari 2014 bertepatan dengan Hari Kasih Sayang (Valentine Day). “Budaya Kerja BPD Bali yakni berdasarkan CINTA yang merupakan singkatan dari Competent, Integrity, Teamwork, dan customer Awareness bagus sekali. Saya kagum pada tim yang merumuskannya. Isinya cukup komprehensif,” ungkap Dr Aqua.

Sementara Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma dalam sambutannya mengatakan sengaja mengundang Dr Aqua sebagai Pakar Komunikasi dan motivator yang telah memotivasi ratusan ribu orang termasuk di puluhan negara untuk memberi semangat ke jajarannya. Harapannya setelah selesai sharing Komunikasi dan Motivasi, semua peserta dapat mengimplementasikan seluruh ilmu yang diperoleh mereka dari Dr Aqua. “Dalam suasana pandemi Covid-19 ini kita harus tetap semangat untuk meningkatkan kinerja dan konsisten melaksanakan Budaya Kerja. Kebersamaan dan kerja sama tim perlu terus ditumbuhkan di BPD Bali,” pungkas Nyoman. (kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.