Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem melakukan pemasangan pipa saluran air bersih dari Dusun Panek menuju Dusun Manik Aji, Desa Ban, Kubu, Minggu (31/10). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem melakukan pemasangan pipa saluran air bersih dari Dusun Panek menuju Dusun Manik Aji, Desa Ban, Kubu, Minggu (31/10). Pemasangan ini dilakukan, mengingat pipa saluran air sebelumnya rusak akibat diterjang tanah longsor.

Plt Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan, panjang pipa saluran air yang dipasang tersebut panjangnya kurang lebih sekitar 2,5 kilometer. Dalam pemasangan pipa itu, petugas BPBD dibantu oleh masyarakat sekitar, TNI, Polri dan unsur yang lainnya. “Pipa yang dipasang ini merupakan bantuan dari donatur,” ucapnya.

Baca juga:  Viral di Medsos Aktivitas Gunung Agung Meningkat, Ini Pernyataan BPBD

Arimbawa, menambahkan, pemasangan pipa ini dilakukan mengingat jaringan pipa saluran air yang sebelumnya rusak atau terputus akibat diterjang tanah longsor. Diharapkan, dengan pemasangan pipa ini nantinya air kembali dapat mengalir ke rumah warga.

“Sebelumnya sumber air yang mengalir dari pipa ini merupakan sumber air dari atas. Karena rusak di terjang banjir, maka selama ini pemenuhan air bersih didistribusikan dari posko memakai mobil tanki,” katanya.

Baca juga:  Gunung Agung Siaga, Warga di KRB 3 Mulai Dievakuasi

Selain melakukan pemasangan pipa, jelas Arimbawa, pihaknya juga menaruh tandon air bersih di tiga titik di Dusun Jatituhu. Setelah itu, nanti ya juga akan dilakukan pembersihan material longsoran yang menutup badan jalan desa. “Pembersihan material itu kita pergunakan alat berat karena longsoran cukup besar. Dengan pembersihan itu, maka akses jalan kembali dapat dilalui warga setempat,” sebutnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN