Ilustrasi. (BP/dok)

BANGLI, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Bangli akan menambah satu unit armada pemadam kebakaran (damkar). Saat ini Pemkab sedang melakukan pengadaan armada baru ini dengan anggaran Rp 1,4 miliar.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangli Dewa Agung Suryadarma mengungkapkan armada Damkar yang dibeli saat ini berkapasitas 3 ribu liter dan memiliki kabin ganda. Pengadaan dilakukan melalui proses tender. “Sekarang sudah selesai tendernya,” ungkapnya, Selasa (26/10).

Baca juga:  Air Sungai Kembali Meluap di Kusamba, BPBD Turunkan Perahu Karet

Disebutkan Suryadarma, pihaknya saat ini hanya punya dua unit armada Damkar. Dengan adanya pengadaan satu unit yang baru, maka jumlahnya bertambah jadi tiga.

Pihaknya merencanakan dari tiga armada yang dimiliki nanti satu diantaranya akan disiagakan di Kecamatan Kintamani. Tujuannya supaya pihaknya bisa bergerak lebih cepat jika di wilayah itu terjadi kebakaran. “Kami akan standby-kan nanti di Kantor Camat Kintamani. Di sana kan sudah dibuatkan garasinya,” jelasnya.

Baca juga:  10 Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Resto di Kuta

Selain menyiagakan armada, pihaknya tentunya akan menempatkan sejumlah petugas di sana. Suryadarma mengaku telah mengusulkan tambahan personil sebanyak 10 orang. “Saat ini kami hanya punya 29 personil. Kalau nanti bisa ditambah 10 kan jadi 39. Bisa dibagi jadi 4 shift,” jelasnya.

Pejabat asal Susut itu menambahkan, Pemkab Bangli belum lama ini sempat mengajukan permohonan bantuan armada Damkar ke Gubernur Bali. Permohonan bantuan diajukan langsung oleh Bupati saat Gubernur ke Bangli melakukan peletakan batu pertama pembangunan alun-alun.

Baca juga:  Rumah Ludes Terbakar, Satu Korban Luka

Ia berharap permohonan tambahan armada damkar itu disetujui. “Besar harapan kami ada tambahan satu unit lagi. Kita kan punya empat kecamatan, kalau punya empat unit kan bagus,” imbuhnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN