Pengunjung memindai QR code Aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke sebuah pusat perbelanjaan di Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/8/2021). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono menyampaikan bahwa aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari mengalami pemulihan. Bahkan, meningkat pada September 2021 dibandingkan bulan sebelumnya saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada pada level tinggi akibat pandemi COVID-19.

“Kalau kita melihat bagaimana mobilitas penduduk selama September lalu, di berbagai tempat atau aktivitas menunjukkan adanya perbaikan. Aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari sudah pulih kembali,” kata Margo, Jumat (15/10).

Baca juga:  Ekspor Produk Perhiasan Naik

Selain itu, lanjut Margo, aktivitas dan mobilitas masyarakat di berbagai fasilitas umum lainnya mulai mengalami perbaikan, salah satunya yakni mobilitas penduduk pada tempat perdagangan, ritel, dan rekreasi, yang angkanya mengalami perbaikan menjadi -1,9 persen. “Dibanding Agustus -12,4. Berarti mobilitas penduduk di perdagangan dan rekreasi mengalami perbaikan,” ungkap Margo, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Kemudian, mobilitas di taman juga mengalami perbaikan meskipun belum pada kondisi normal, yang angkanya pada September 2021 sebesar -7,9 persen. Sementara, mobilitas di tempat transit juga ada perbaikan meskipun belum dalam kondisi normal.

Baca juga:  BPS Catat Inflasi 1,17 Persen, Ini Lima Besar Penyumbangnya

Margo menambahkan, terjadi perbaikan mobilitas di tempat kerja pada September 2021, meskipun angkanya masih -15,9, yang artinya mobilitas penduduk di tempat kerja belum pada kondisi normal.

Margo menyampaikan, data mobilitas penduduk tersebut diolah BPS dari Google Mobility.

“Tentu saja informasi ini akan berpengaruh pada aktivitas ekonomi dan pada akhirnya juga berpengaruh pada berbagai indikator nanti yang akan dirilis baik pada hari ini maupun pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) bulan depan,” pungkas Margo. (kmb/balipost)

Baca juga:  LPDB-KUMKM Lakukan Reformulasi SOP
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *