Wali Kota Denpasar melantik Sekda, IB Alit Wiradana, Kamis (7/10). (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah melalui proses penjaringan calon sekretaris daerah (sekda) selama satu bulan, akhirnya Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menentukan pilihannya. Bukan ranking 1 yang dipilih menggantikan AAN Rai Iswara sebagai Sekda Denpasar.

Jaya Negara memilih rangking 2, I.B. Alit Wiradana sebagai Sekda pengganti AAN Rai Iswara. Pelantikan Sekda Kota Denpasar ini dilakukan di Ruang Praja Utama, Kantor Wali Kota. Alit Wiradana sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Dalam seleksi calon sekda, Alit Wiradana meraih nilai tertinggi kedua dengan nilai 74,31. Sementara peraih nilai tertinggi adalah Asisten Administrasi Umum Setda Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya dengan nilai akhir 81,98.

Baca juga:  Tambahan Harian Masih di Atas 300, Kumulatif Kasus COVID-19 Bali Lampaui 30.000 Orang

Namun, wali kota memilih Alit Wiradana sebagai sekda definitif, sesuai SK Wali Kota Nomor 188.45/1728/HK/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Denpasar. Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara berharap, dengan adanya Sekda yang baru ini akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kami bersyukur walaupun sebelumnya dijabat PJ Sekda, namun sudah berjalan dengan baik. Harapan ke depan, dengan Sekda sekarang, tanggungjawab terkait pelayanan terbaik dengan spirit Sewaka Dharma lebih ditingkatkan dan roda pemerintahan bisa berjalan lebih baik dari yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Baca juga:  Investasi di Bali Selatan Perlu Dimoratorium

Sementara itu, Sekda, I.B. Alit Wiradana mengatakan pihaknya akan mengerjakan dan melanjutkan apa yang telah dikerjakan pejabat sebelumnya. “Sekda kan pembantu Wali Kota dalam merumuskan kebijakan-kebijakan apa, membangun spirit Sewaka Dharma dengan Vaisudewa Kutumbakam, membangun kebersamaan,” kata Alit usai pelantikan.

Pihaknya juga akan mengkoordinasikan perangkat daerah dalam melakukan pembangunan yang sudah terlaksana sehingga bisa ditingkatkan. Sebagai sekretaris Forkompinda, pihaknya juga akan membangun koordinasi dengan Forkompinda. Karena ini merupakan bagian penting dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Baca juga:  Dikira Sampah Ternyata Mayat Orok

Untuk program prioritas yang akan ia lakukan yakni terkait dengan penanganan Covid-19. Selain itu, juga terkait dengan pemulihan ekonomi serta pembangunan infrastruktur.

“Sekda juga sebagai ketua tim anggaran pemerintahaa daerah punya tugas dan tanggung jawab nantinya bagaimana merancang pembangunan bersama OPD termasuk dalam masalah kesehatan, pendidikan, dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Sebelum menjabat sebagai Kadis PMD, Alit Wiradana pernah menjadi Lurah Sanur, Camat Denpasar Selatan, Camat Denpasar Barat, Kasatpol PP Kota Denpasar. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN