Ilustrasi. (BP/kmb)

SAN FRANSISCO, BALIPOST.com – Facebook mengeluarkan pernyataan mengenai penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram pada Selasa (5/10). Tidak bisa diaksesnya ketiga platform digital ini berdampak ke miliaran pengguna di dunia

Dikutip dari Kantor Berita AFP,  Facebook menyatakan konfigurasi router yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan di antara pusat data mengalami perubahan. Kondisi ini menyebabkan terhentinya layanan. “Disrupsi di lalu lintas jaringan ini telah memberikan efek yang sangat besar terkait pola komunikasi antarpusat data sehingga membuat layanan terhenti,” kata Wakil Presiden Infrastruktur Facebook, Santosh Janardhan dalam sebuah postingannya.

Baca juga:  Dari Warga Demo dan Segel Kantor Desa Adat Renon hingga Dua Keturunan Omicron

Layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp di seluruh dunia padam selama 7 jam sejak pukul 23.45 WITA. Layanannya sudah kembali pulih sekitar pukul 6.28 WITA.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer melalui akun Twitter menyatakan mungkin akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen. Hasil penelurusan tim Facebook untuk masalah ini, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu litas pada pusat data atau data center.

Baca juga:  Varian Omicron Dapat Hindari Dua Dosis Vaksin

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

“Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini,” kata Facebook. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *