Tangkapan layar peta sebaran kasus COVID-19 di Indonesia. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus COVID-19 yang dilaporkan nasional pada Minggu (3/10) makin menurun. Jumlah tambahannya di bawah 1.200 orang. Kembali mencatatkan rekor terendah sejak gelombang kedua COVID-19 melanda Indonesia pada Juni lalu.

Ini sudah dua hari berturut, tambahan kasus yang dilaporkan nasional mencapai rekor terendah. Bahkan, jika dilihat selama pandemi, tambahan kasus yang mencapai seribuan ini dicatatkan pada Juni 2020 atau tahun lalu.

Jumlah pasien sembuh bertambah melampaui kasus baru. Jumlahnya ada di kisaran dua ribuan orang.

Kematian yang dilaporkan pada hari ini turun dari sehari sebelumnya. Jumlahnya masih berada di 2 digit.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan terjadi penambahan kasus COVID-19 sebanyak 1.142 orang. Kumulatifnya menjadi 4.219.284 orang.

Baca juga:  Senderan Hotel Ambruk, Pekerja Bangunan Tewas Tertimbun

Pada hari ini dilaporkan yang sembuh sebanyak 2.020 orang. Total pasien sembuh menjadi 4.044.235 orang.

Korban jiwa tercatat 58 orang. Sehingga kumulatifnya menjadi 142.173 orang selama pandemi berlangsung sejak Maret 2020.

Jumlah pasien COVID-19 yang masih dirawat mencapai 32.876 orang.

Pemerataan Vaksinasi

Sementara itu, dalam rilisnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia merata dari Sabang sampai Merauke. Presiden pada Minggu (3/10) meninjau vaksinasi pelajar di halaman Kantor Bupati, Kabupaten Merauke, Papua.

“Siang hari ini saya datang ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, untuk melihat program vaksinasi yang dilaksanakan di sini. Saya ingin memastikan bahwa dari Sabang sampai Merauke pemerataan vaksin itu ada dan vaksinasi itu berjalan dengan baik,” ucap Presiden.

Baca juga:  Cegah Cekcok, Syarat Penyekatan PPKM Darurat Perlu Diperjelas

Kepala Negara berharap vaksinasi dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat dari penularan virus korona sekaligus menghambat penyebarannya. Presiden pun mengapresiasi antusiasme masyarakat Kabupaten Merauke terkait kegiatan vaksinasi tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para tokoh adat, tokoh agama, yang telah membantu menjelaskan kepada masyarakat. Dan juga seluruh masyarakat di Kabupaten Merauke dan Papua yang telah antusias untuk ikut dalam program vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah,” tuturnya.

Presiden pun berharap antusiasme masyarakat terkait program vaksinasi juga dapat dirasakan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Papua. “Di sini saya melihat pelajar, masyarakat semuanya antusias dan kita harapkan di semua kabupaten dan kota di Provinsi Papua juga melakukan hal yang sama,” ucap Kepala Negara.

Baca juga:  Pebalap AHRT Dominasi Podium di IRS 2017 Seri 3 Sentul

Presiden Jokowi juga kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan belajar hidup berdampingan dengan Covid-19. “Perlu saya ingatkan bahwa COVID-19 ini tidak mungkin hilang secara total. Oleh sebab itu, sekali lagi, kita harus belajar hidup dengan COVID-19 dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, yang paling utama memakai masker,” tandasnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *