Petugas melakukan penanganan di lokasi banjir akibat meluapnya Sungai Candi Gara, Kusamba. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat sepanjang hari Sabtu (11/9) hingga Minggu (12/9) pagi kembali menimbulkan bencana banjir di sekitar Sungai Candi Gara di Banjar Pancingan Desa Kusamba. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau warga terdampak bersama BPBD Klungkung, Dinas Sosial, Camat Dawan.

Mereka melihat rumah–rumah warga yang terendam pasca banjir di bantaran Sungai Candi Gara. Guna mencegah bencana serupa tak terjadi lagi, langkah-langkah pencegahan harus dilakukan lebih serius.

Baca juga:  15 Januari, Karya Padudusan Agung di Pura Goa Lawah

Bupati Suwirta melihat langsung bencana banjir yang menimpa wargnya. Tembok penyengker roboh, kasur basah, motor terendam, alat elektronik serta sembako yang luluh lantak.

Tanpa menunggu lama, Bupati Suwirta langsung memberikan bantuan sembako dan kasur. Sementara untuk dampak fisik yang hancur akibat banjir ini, BPBD akan melakukan inventarisir untuk segera diindaklanjuti.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menugaskan Dinas PUPR untuk mengecek sumbatan-sumbatan yang ada di sepanjang aliran Sungai Candigara. Bupati Suwirta juga sedang mencarikan solusi untuk mengalihkan aliran air agar tidak fokus ke sungai ini.

Baca juga:  SE Gubernur Soal Endek Jadi Viral, Ini Kata Putri Suastini Koster

Sementara ini, Bupati Suwirta meminta warga tetap waspada, volume air begitu besar saat hujan lebat tidak bisa tertampung di aliran sungai ini, meski sudah dilakukan normalisasi oleh BWS. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *