Vaksinator menunjukkan vaksin Moderna. (BP/eka)

TOKYO, BALIPOST.com – Dua orang meninggal usai menerima suntikan vaksin COVID-19 dari kelompok dosis Moderna yang ditemukan tercemar dan kemudian ditangguhkan. Demikian diungkapkan Kementerian Kesehatan Jepang pada Sabtu (28/8), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut rilis kementerian, kedua orang itu –sama-sama berusia 30-an tahun– meninggal pada Agustus ini. Beberapa hari setelah menerima dosis kedua vaksin Moderna.

Mereka masing-masing mendapat satu dosis di antara tiga kelompok dosis yang ditangguhkan pada Kamis (26/8). Penyebab kematian masih dalam penyelidikan.

Baca juga:  Tangani Pasien Virus Corona, RS Pratama Nusa Penida Siapkan Ini

Jepang menghentikan penggunaan 1,63 juta dosis vaksin Moderna lebih dari sepekan. Kebijakan penghentian dilakukan setelah distributor lokal Takeda Pharmaceutical mendapat laporan bahwa sejumlah ampul tercemar.

Pemerintah dan pihak Moderna mengklaim bahwa tidak ada masalah keamanan atau efikasi yang teridentifikasi dan penangguhan tersebut hanyalah merupakan langkah antisipasi. Unsur pencemaran diyakini berupa partikel logam, menurut stasiun penyiaran Jepang NHK yang mengutip sumber kementerian terkait. (kmb/balipost)

Baca juga:  Lab PCR RS PTN Unud Sudah Uji 8000 Lebih Sampel Swab
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *