Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Moderna untuk disuntikkan kepada rekannya. (BP/Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Program vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Badung molor dari target yang dicanangkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari 5.533 Nakes yang akan divaksinasi, sebanyak 301 orang belum tervaksinasi.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, saat dikonfirmasi, Senin (23/8) membenarkan masih terdapat Nakes yang belum tervaksinasi Moderna. Namun, mantan Camat Mengwi ini menegaskan jika dilihat dari persentase capaian vaksinasi hingga 22 Agustus 2021 telah mencapai 94,6 persen.

Baca juga:  BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Moderna

“Iya ada keterlambatan untuk vaksinasi ketiga. Ini karena Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dari vaksin Moderna ternyata mengakibatkan demam dua sampai 3 hari, sehingga harus dijadwalkan Nakes yang akan divaksinasi,” ungkapnya.

Menurutnya, karena KIPI ini, pihaknya harus mengatur jadwal, sehingga melenceng dari target yang ditetapkan. “Nakes yang akan divaksin harus dijadwalkan. Tidak bisa 200 orang per hari sesuai target, karena kalau divaksin serempak mereka tidak bisa kerja, pastinya menimbulkan masalah di pelayanan kesehatan,” terangnya.

Baca juga:  Bulan Ini, Vaksin Moderna COVID-19 Masuki Percobaan Tahap Akhir

Dikatakan, Nakes yang akan mengikuti vaksinasi juga harus melengkapi diri dengan pakta integritas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang benar bekerja sebagai nakes. “Pakta integritas ini untuk memastikan bahwa benar nakes yang akan menerima vaksin bekerja di fasilitas kesehatan,” tegasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *