Keluarga dan kerabat Mangkunegaran membawa peti jenazah almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021). (BP/Antara)

KARANGANYAR, BALIPOST.com – Pihak Pura Mangkunegaran menggelar pemakaman jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Mangkunegara IX, Minggu (15/8). Prosesi yang digelar di Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah itu dilakukan secara tertutup.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, rombongan pembawa jenazah KGPAA Mangkunegara IX tiba di peristirahatan terakhir di Astana Girilayu sekitar pukul 11.30 WIB. Mobil ambulans yang membawa jenazah KGPAA Mangkunegara IX setibanya di pelataran pemakaman langsung dilakukan prosesi penyerahan dari Pura Mangkunegaran yang diwakili oleh Wedhono Satrio KRMT Lilik Priharso Tirta Diningrat kepada juru kunci makam Astana Girilayu Metesih Karanganyar untuk dimakamkan.

Baca juga:  Unwar Peduli Korban Gempa Lombok

Juru kunci Astana Girilayu langsung membawa jenazah ke lokasi pemakaman yang berada di sisi timur ayahanda KGPAA Mangkunegara IX di Astana Girilayu atau tempat pemakaman penguasa Pura Mangkunegaran Surakarta.

Menurut Hadi Suyamto, juru kunci makam Astana Girilayu, pihaknya mohon maaf pada acara pemakaman jenazah KGPAA Mangkunegara IX dilaksanakan secara tertutup dan hanya diikuti terbatas oleh pihak keluarga dan kerabat Pura Mangkungaran.

“Kami mohon maaf, prosesi pemakaman hanya boleh diikuti keluarga dan kerabat serta yang mendapatkan izin dari Pura Mangkunegaran,” kata Hadi Suyamto.

Baca juga:  Selisih Seribuan Orang, Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh Nasional Lampaui Kasus Baru

Pada acara prosesi pemakaman jenazah KGPAA Mangkunegara IX di Astana Girilayu Matesih Karanganyar dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat almarhum.

Pada prosesi pemakan tersebut dihadiri GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara yang merupakan anak pertama almarhum dengan Sukmawati Soekarnoputri, dan adik kandungnya, GRAy Putri Agung Suniwati. Istri Mangkunegara IX, Kanjeng Putri Mangkunegara IX dan putrinya, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo serta sejumlah keluarga besar Pura Mangnegaran.

Sebelumnya, empat putra penguasa Mangkunegaran mengiringi pelepasan jenazah KGPAA Mangkunegara IX menuju Kompleks Pemakaman Raja Astana Girilayu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga:  YPA Rusak Berat Diguncang Gempa, Seratusan Anak di Lombok Perlu Uluran Tangan

Jenazah putra keempat Adipati Mangkunegara VIII yang memiliki nama kecil Gusti Jiwo tersebut diberangkatkan dari Pura Mangkunegaran Solo, sekitar pukul 10.20 WIB, diiringi ratusan pelayat.

Sebelum jenazah diberangkatkan, empat putranya yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, GRAy Putri Agung Suniwati, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo melakukan tradisi “brobosan” di bawah peti jenazah sang ayah.

Selain itu, istri Mangkunegara IX, Kanjeng Putri Mangkunegara IX, juga menjalani tradisi Jawa ini. Sementara itu, terdengar Gending Ketawang yang melepas jenazah sang penguasa Mangkunegaran. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *