Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (dua kiri) dan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate (2 kanan), Plt Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Dr. Ir Ismail M.T dan Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir (kanan) dalam acara penyerahan Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) 5G di Jakarta, Kamis (12/8). (BP/Dokumen XL)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyatakan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kelolosan ULO 5G tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) yang diterima manajemen XL Axiata pada Kamis (12/8).

Dalam rilisnya, Menteri Kominfo, Johnny G Plate menyerahkan SKLO ke Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Diterimanya SKLO ini sekaligus melengkapi rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

“Dengan demikian kini layanan komersial 5G didukung oleh tiga operator telekomunikasi nasional dan ke depannya, kita tentu harus menjaga agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia,” kata Menkominfo.

Baca juga:  Pemerintah Salurkan THR Capai Rp40,77 Triliun

Menkominfo menambahkan, penerbitan SKLO Layanan Jaringan 5G XL dilaksanakan sesuai amanat Pasal 4 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Melalui penerbitan SKLO Layanan 5G tersebut, layanan jaringan, serta seluruh sarana dan prasarana 5G yang telah selesai dibangun oleh PT XL Axiata, Tbk, secara teknis dinyatakan siap beroperasi.

Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1807,5 MHz sd 1827,5 MHz. Menurut Menkominfo keberadaaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G menunjukan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia.

Baca juga:  BRI Apresiasi Nasabah Hadirkan BRI Client Summit 2022

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, setelah lolos ULO 5G, XL Axiata telah siap untuk menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia. Termasuk secara bertahap akan memperluas cakupan wilayah layanannya.

Untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, dengan cakupan area yang masih terbatas mulai pertengahan Agustus 2021. Selain itu, XL Axiata juga akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Apresiasi Sentra Tenun Jembrana

Termasuk, penyediaan infrastruktur yang memadai antara lain melalui fiberisasi jaringan di semua wilayah operasi, berkolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat smartphone 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *