Salah satu produk UMKM yang dipamerkan. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pameran virtual industri kreatif UMKM “Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur” yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi dibuka. Event virtual yang dapat diakses pada https://lokalkerenjatim.id/ ini diikuti oleh sebanyak 251 UMKM terpilih. Event ini menjadi rangkaian SBRILianpreneur 2021, sebagai wujud nyata BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia dan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan tema “Lokal Keren Jatim” ini merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM yang dinisiasi oleh Presiden Republik Indonesia melalui Kemenko Maritim dan Investasi dan Kementerian BUMN. Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan menggandeng dua top brand lainnya yaitu Jaya Board dan Wingsfood.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pameran virtual ini juga merupakan bagian dari Road to BRILianpreneur di mana event ini sejalan dengan spirit BRI yaitu memberikan pembinaan dan pengembangan kepada UMKM secara berkesinambungan melalui rangkaian kegiatan Bri UMKM Expo(RT) Brilianpreneur. “BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur merupakan program signature tahunan BRI yang sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi para UMKM binaan BRI, yang tujuan utamanya membawa mereka [pelaku UMKM] menuju pasar global,” ujar Sunarso.

Pihaknya mengungkapkan event ini akan memberikan banyak insight dan manfaat bagi pelaku UMKM melalui berbagai kegiatan, mulai dari business matching, 3D virtual showcase, on boarding UMKM di marketplace, podcast, lelang produk, dan lainnya. “Kami berharap event ini semakin bisa menumbuhkembangkan bisnis UMKM serta mendorong UMKM untuk go global dan memiliki daya saing di tingkat internasional. Ke depan, kegiatan seperti ini akan kami lakukan secara berkelanjutan melalui penyempurnaan secara terus-menerus,” tambah Sunarso.

Baca juga:  Kemenpar Promosikan Wisata Diving Pulau Sula

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan mengatakan pihaknya mengapresisi Kementerian BUMN, khususnya BRI selalu campaign manager bersama pemerintah daerah, dan top brands Wings Food, Jaya Board dan e-commerce atas terselenggaranya pameran Lokal Keren Jatim yang telah menyuguhkan event dengan kemasan Bangga Buatan Indonesia secara virtual. “Saya melihat semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM. Ini menjadi semangat kita untuk keluar dari situasi pandemi Covid-19. Sambil mengurangi dampak pandemi ini, kita dorong digitalisasi,” jelasnya.

Luhut mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini dengan berbelanja produk dalam negeri, sekaligus membantu pelaku UMKM agar mendorong penciptaan demand dan akses pasarnya. Luhut meyakini produk-produk UMKM Jawa Timur memiliki kualitas yang premium. “Untuk itu saya berharap kepada Pemda Jatim, Gubernur, Wali Kota, serta jajarannya semua, mari kita dukung para artisan lokal untuk menjadi brand ambassador produk dari daerah yang kita cintai ini. Ajak semua ASN beli keperluan sehari-hari produk dalam negeri,” tegasnya.

Baca juga:  Pemberdayaan UMKM, BRI Bantu Pengusaha Keripik Suryaningsih Tuai Berkah

Luhut menegaskan gerakan Bangga Buatan Indonesia akan terus bergerak dari daerah ke daerah. Data sejak Mei 2020 hingga Juni 2021 telah mencapai 6,5 unit UMKM on-boarding ke e-commerce sehingga total menjadi 14,5 juta unit. Pemerintah akan mendorong 5,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital hingga 2023 ditargetkan sebanyak 30 juta unit UMKM on-boarding. “Bagi pelaku UMKM, semangat dan teruslah berkarya, Indonesia pasti hebat, karena Anda sebagai tulang punggung ekonomi. Untuk platform e-commerce mari bantu UMKM meningkatkan transaksinya. Mari dukung dan belanja karya anak bangsa, dan Bangga Buatan Indonesia yang milik kita semua. Kita bersatu, kita bisa membuat Indonesia lebih bagus, lebih hebat ke depan,” paparnya.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Kementerian BUMN selalu siap dan konsisten dalam menggelar kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di lingkungan BUMN, mendorong penggunaan produk lokal serta menikmati karya kreatif anak bangsa yang merupakan bagian dari bentuk perjuangan bangsa di masa penuh tantangan ini. “Tema Lokal Keren Jatim yang diangkat kali ini diharapkan dapat lebih mendorong produk artisan dan wisata Jawa Timur. Tidak hanya dikenal oleh konsumen nasional, tapi juga disukai dan dicintai oleh konsumen mancanegara. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan kemudahan platform digital, akan makin memudahkan kita untuk mendukung dan menggaungkan gerakan ini,” paparnya.

Erick mengapresiasi BRI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan berbagai UMKM yang mendukung ikhtiar ini. Dia juga mengajak semua pimpinan dan insan BUMN untuk terus bangga memakai produk-produk UMKM nasional dan produk-produk asal Jawa Timur dengan berbelanja di https://lokalkerenjatim.id/
Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk mewakili daerah lainnya mengingat jumlah UMKM di provinsi ini yang begitu besar.

Baca juga:  Retribusi Pasar di Badung Naik Drastis, Pedagang Kelimpungan

Hal itu berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk UMKM. Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan.

UMKM yang terlibat merupakan binaan BRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Diharapkan melalui program BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur terjadi business matching yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untuk menembus pasar ekspor.

Melalui BRILianpreneur, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual, seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya. Kegiatan ini tidak hanya dapat diikuti melalui website dan e-commerce, tapi dapat diikuti di sosial media dengan berbagai macam aktivitasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *