Brand minuman lokal, Teguk, melakukan ekspansi ke New York, Amerika Serikat dengan membuka gerai pertamanya pada 17 September. Keberhasilan UMKM lokal go global ini tidak lepas dari peran GoFood, online food delivery yang merupakan bagian dari GoTo untuk mendorong UMKM naik kelas dan tumbuh secara berkelanjutan. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Brand minuman lokal, Teguk, melakukan ekspansi ke New York, Amerika Serikat dengan membuka gerai pertamanya pada 17 September. Keberhasilan UMKM lokal go global ini tidak lepas dari peran GoFood, online food delivery yang merupakan bagian dari GoTo untuk mendorong UMKM naik kelas dan tumbuh secara berkelanjutan.

GoFood telah memberikan dukungan dan menjadi bagian dari perjalanan sukses Teguk sejak 2019. “Kami turut bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019, sebagaimana juga GoFood selalu berupaya mewujudkan komitmen untuk menjadi mitra andalan bagi seluruh mitra UMKM kami,” kata Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman.

Salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data. Inovasi ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood sebagai pionir online food delivery akan solusi yang dibutuhkan para mitra UMKM.

Teguk merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama GoFood sejak tiga tahun terakhir. CEO Teguk, Maulana Hakim mengungkapkan berkat dukungan berbagai solusi digital dari GoFood, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia. Omzet melesat hingga mencapai 275 persen.

Baca juga:  Ribuan Mitra Gojek Gunakan Masker dan Bawa Hand Sanitizer

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan GoFood kepada Teguk sebagai UMKM kuliner lokal sehingga kami dapat mewujudkan mimpi membawa brand lokal ke internasional. Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” ungkap Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal. Penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari.

Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40% yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia. “Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022,” ujarnya.

Baca juga:  Menurun, Minat Generasi Milenial dalam Pertanian

Teknologi Digital

Berbagai solusi digital yang ditawarkan GoFood, salah satunya aplikasi GoBiz terbukti berhasil membantu Teguk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, inovasi fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) atau Super Partner dapat mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.

Selain aplikasi GoBiz yang GoFood hadirkan untuk menunjang kebutuhan Teguk dan mitra UMKM, GoFood juga menghadirkan solusi pemasaran digital lewat GoAds untuk mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood. “Solusi GoAds menawarkan beragam keuntungan yang dapat dinikmati oleh para mitra UMKM kami. Mulai dari beriklan dengan tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai kebutuhan, serta laporan performa yang transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya,” jelas Ichmeralda.

Baca juga:  Hadirkan Perlindungan Asuransi Kecelakaan GoCar, Gojek Gandeng Jasa Raharja

Sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat dari pertama kali menggunakan solusi iklan di GoFood. Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk berhasil ditingkatkan. “Bahkan, dari Januari hingga Juni 2022, penjualan Teguk mengalami kenaikan 2-3 kali lipat,” papar Maulana.

Ichmeralda mengatakan inovasi teknologi digital dari hulu ke hilir yang dimiliki GoFood terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis mitra UMKM. Berdasarkan hasil riset LD FEB UI 2021, pendapatan mitra UMKM GoFood rata-rata naik 66% pada 2021 dibandingkan 2020.

“Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk terus menghadirkan beragam inovasi teknologi digital bagi lebih dari 1 juta mitra usaha kami yang mayoritasnya adalah UMKM agar dapat membawa produk lokal menjadi juara di kancah nasional maupun internasional,” tutup Ichmeralda. (kmb/balipost)

BAGIKAN