Polisi mengawasi lalu lintas kendaraan di salah satu pintu masuk Kota Denpasar di Jalan Gatot Subroto Barat, Rabu (21/7). Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 4 untuk menurunkan mobilitas warga dan memutus penyebaran COVID-19. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo memutuskan melanjutkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah hal, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, hingga dinamika sosial.

Presiden dalam keterangan pers virtualnya disiarkan kanal YouTube Sekretaris Presiden, Minggu (25/7) mengatakan ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah dalam penerapan PPKM.

Baca juga:  Panwaslu Pastikan Kelian Banjar Tegal Terbukti Melanggar Aturan

Penyesuaian yang dimaksud adalah : 

1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat

2. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah.

3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

Baca juga:  Gubernur Koster Ungkap Rencana Pengembangan Pelabuhan Amed

4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

“Hal-hal teknis lainnya akan dijelaskan oleh menko (menteri koordinator) dan menteri terkait,” lanjutnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *