Komang Susana, Kepala BKPSDM Klungkung. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah kembali membuka rekrutmen ratusan formasi CPNS tahun ini, khususnya untuk tenaga kesehatan dan teknis. Sementara untuk formasi guru, dibuka melalui jalur rekrutmen formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Dalam rekrutmen guru kali ini, formasi yang dibuka didominasi untuk formasi guru kelas.

“Untuk rekrutmen tenaga guru, dibuka melalui PPPK sebanyak 484 formasi. Formasi guru kelas menjadi formasi yang paling banyak dibutuhkan pada rekrutmen PPPK tahun ini. Rinciannya, guru SD sebanyak 304 formasi, dan guru SMP sebanyak 180 formasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) I Komang Susana, saat dihubungi Kamis (1/7).

Baca juga:  Kebijakan dan Seleksi CPNS

Susana menambahkan, untuk formasi guru ini, kuota paling banyak didominasi guru kelas yakni sebanyak 256 formasi. Disusul guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (penjasorkes) sebanyak 63 formasi, guru konsling sebanyak 53 formasi, guru TIK 58 formasi, guru Bahasa Indonesia sebanyak 22 formasi, guru Prakarya dan Kewirausahaan 18 formasi, guru PPKN 7 formasi, guru Matematika 3 formasi, guru Seni Budaya 2 formasi dan guru Bahasa Inggris sebanyak 2 formasi.

Baca juga:  Terapkan Prokes, WCC Bersepeda dari Jakarta-Denpasar Demi Dukung Pulihnya Pariwisata Bali

Jadi, dengan dibukanya formasi PPPK ini sangat terbuka lebar bagi semua lulusan keguruan untuk bersaing memprebutkan setiap formasi ini. Susana menegaskan, sesuai ketentuan, masa hubungan perjanjian kerja PPPK di Pemkab Klungkung, paling singkat satu tahun dan paling lama 5 tahun. Namun, masa kerja ini dapat diperpanjang sesuai kebutuhan daerah.

Sementara khusus formasi melalui jalur CPNS, untuk Klungkung dibuka lowongan sebanyak 213 formasi. Terdiri dari 153 formasi untuk tenaga kesehatan dan sisanya 60 formasi untuk tenaga teknis. Formasi dan ketentuan pendaftaran, kata Susana, sudah diumumkan secara terbuka kepada publik. Sesuai pengumuman Pansel Pengadaan PNS dengan Nomor 810/01/PANSEL.CPNS/KLK/2021. Pelamar yang mengikuti seleksi pengadaan CPNS ini, tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Baca juga:  Membludak, Warga Cari SKCK di Polres Gianyar

Sesuai jadwal di dalam pengumuman yang dirilis pemerintah, tahapan pendaftaran seleksi CPNS maupun PPPK di Klungkung dimulai 30 Juni sampai dengan 21 Juli 2021. Pelaksanaan SKD 25 Agustus sampai dengan 4 Oktober 2021. Pelaksanaan SKB 8 s.d. 29 November 2021. Pengumuman Kelulusan dari 18 sampai dengan 19 Desember 2021. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *