Lokasi gempa yang dirasakan di Seririt, Buleleng. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (29/6), pukul 10.12.48 WITA, wilayah Seririt di Kabupaten Buleleng, Bali diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 3,4.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP, dalam rilisnya mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 8.19 LS dan 114.87 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 km Barat daya Buleleng, pada kedalaman 10 km.

Baca juga:  Bali Dibuka untuk Pariwisata Internasional, Luhut Ungkap Lima Besar Asal Wisman

Ia mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas back-arc thrust. “Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Buleleng II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” jelasnya.

Hingga pukul 11.54 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Ia meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Winatha/balipost)

Baca juga:  Kerap Ngamuk, ODGJ asal Blahbatuh Diamankan Satpol PP
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *