Kodim Tabanan menggelar donor darah. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Aksi sosial untuk membantu sesama, melalui kegiatan donor darah dilakukan jajaran Kodim 1619/Tabanan, Rabu (9/6). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap ketersediaan darah di PMI Tabanan.

Donor darah diikuti perwakilan anggota militer dan PNS di Jajaran Kodim 1619/Tabanan dipimpin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang sekaligus mendonorkan darahnya. Dandim Letkol Inf Toni Sri Hartanto menerangkan donor darah rutin digelar dalam rangka mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini.

Baca juga:  APBD Kabupaten Juga Diharap Alokasikan Anggaran untuk Satgas Gotong Royong

Lebih Lanjut Dandim menyampaikan Kodim 1619/Tabanan bersama jajarannya berusaha semaksimal mungkin membantu PMI di dalam menyediakan darah kepada masyarakat yang membutuhkan. Menurut Dandim, donor darah tersebut terkadang terkendala dengan kegiatan personel yang padat. Selain itu, tidak semua personel yang mendaftarkan diri sebagai pendonor dapat lolos mendonorkan darahnya.

Untuk donor darah kali ini yang mendaftarkan diri sebagai pendonor sebanyak 34 orang namun yang bisa diambil darahnya hanya 24 orang jadi hanya sekitar 70,5 persen saja yang lolos untuk diambil darahnya. “Kami berharap kegiatan ini akan diadakan lagi pada waktu-waktu mendatang untuk membantu PMI mendukung ketersediaan darah,” ucapnya.

Baca juga:  PMI Buleleng Galakan Donor Hingga ke Desa

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan oleh PMI Tabanan dipimpin oleh dr I Made Wida Prasetya dengan 5 orang tenaga medis. Sebanyak 24 kantong darah berhasil dikumpulkan. Rinciannya Gol darah O sebanyak 13 kantong, Gol darah A sebanyak 6 kantong, Gol darah B sebanyak 4 kantong dan Gol darah AB sebanyak 1 kantong. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *