Jembatan penghubung Subaya-Tejakula diresmikan. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar karya bakti berupa pembangunan jembatan penghubung Desa Subaya, Bangli ke Desa Tejakula, Buleleng. Karya bakti ini, dalam memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan menumbuhsuburkan jiwa kebersamaan untuk bergotong royong, khususnya pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Jembatan yang dibangun sepanjang 15 meter, lebarĀ  1,5 meter yang diberi nama Bahari-Mulia Abadi. Jembatan ini dibangun dengan struktur bangunan dari beton dan besi, dengan ketinggian dari garis air lebih kurang 3 meter.

Menurut Aspotmar Kasal, Mayjen TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto, keberadaan jembatan ini sangat diharapkan oleh masyarakat Desa Subaya sebagai akses utama untuk menjual hasil perkebunan berupa kelapa dan daun pandan ke Desa Tejakula. Dalam rilis yang diterima, ia mengatakan, sebelumnya, jembatan penghubung dua desa tersebut, terbuat dari bambu dan gedeg.

Baca juga:  Tukang Suwun di Bangli dan Anaknya Positif COVID-19, Gugus Tugas Lakukan Penelusuran

Setiap musim hujan hanyut terbawa banjir bandang yang menyebabkan desa berpenduduk 22 KK atau sekitar 75 jiwa ini terisolir. Sementara pengajuan pembangunan jembatan permanen telah lama diajukan, namun sampai saat ini belum terealisasi.

“Selama puluhan tahun, Desa Subaya terisolir. Hanya dihubungkan dengan jembatan bambu menuju Tejakula yang dibuat sendiri. Setiap hujan besar, pasti jembatan itu hanyut. Kita terpanggil untuk itu. Maka kita bekerjasama dengan Pemda dan pihak terkait membuat jembatan yang permanen, dengan harapan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” harapnya.

Baca juga:  Desa Musi Dilanda Banjir, Jembatan Tertutup Lumpur dan Belasan Kubik Kayu Glondongan

Peresmian jembatan ini dilakukan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., secara virtual bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto, Ketua Yayasan Mandana Metta Caritas Muliadi Ali serta Komandan Lanal Bali Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.E., M.A.P. Peresmian disaksikan Bupati Bangli Sedana Artha, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, tokoh masyarakat dan kepala desa serta masyarakat, Minggu (6/6).

Baca juga:  Desa Adat Buleleng Dukung Pengembangan Wisata "City Tour"

Usai peresmian jembatan Karya Bakti, TNI AL menggelar Kegiatan Baksos. Kegiatan Baksos dilaksanakan bertempat di Wantilan Desa Adat Buleleng, Kelurahan Paket Agung (Banjar Bale Agung dan Banjar Paketan).

TNI AL membagikan 400 paket sembako kepada masyarakat berdomisili di tempat yang diketahui sebagai kediaman Ibunda Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Selain pembagian sembako, masyarakat juga mendapat pelayanan Kesehatan secara gratis berupa pengobatan umum dan pelayanan Kesehatan ringan sebanyak 100 orang bekerja sama dengan tenaga Kesehatan Kab Buleleng, Polres dan Kodim. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *