Belasan mobil disediakan untuk melayani warga kurang mampu yang sakit. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemkab Karangasem menyediakan belasan mobil untuk layanan kesehatan bila ada warga kurang mampu yang sakit. Belasan mobil yang dipakai ini merupakan armada yang sebelumnya dipakai operasional oleh anggota DPRD Karangasem.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, Rabu (2/6), mengungkapkan, ada sebanyak 18 armada yang disiapkan. “Sekarang mobil ini dipakai untuk menjemput pasien,” ucapnya.

Gede Dana, menambahkan, 18 mobil akan bersiaga di 18 rayon lengkap dengan 12 personil kesehatan di tiap rayon. Jadi, masyarakat yang ada di pelosok tidak perlu khawatir tidak mendapat menjangkau layanan kesehatan karena sudah ada program ini. “Untuk mendapatkan layanan ini, warga dapat melapor lewat Kadus. Nantinya Kadus akan menyampaikan hal ini. Sehingga ketika mobil menjemput, warga yang dibantu tepat sasaran,” katanya.

Baca juga:  Personel TNI Terus Awasi Mobilisasi Pasar Tradisional

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, menjelaskan 18 mobil penjemput akan standby di tiap Puskesmas. Setiap mobil dilengkapi dengan petugas medis untuk menangani pasien yang dijemput. “Bila pasien sakitnya tak parah, bisa diantar ke faskes terdekat. Bila emergency kita tak lagi menggunakan fasilitas jemput pasien, tapi langsung menurunkan ambulans,” terangnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *