Putu Wiguna Kusuma, sukses menumbangkan lawannya Bayu L. (BP/nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada
Minggu (30/5), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Siswa SMP Tumbangkan Pesilat Pelatnas

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kejutan terjadi saat latih tanding antara tim silat PON Bali melawan atlet pelatnas SEA Games, di GOR Purna Krida, Kerobokan, Minggu (30/5). Putu Wiguna Kusuma, yang masih duduk di bangku kelas III SMPN 10 Denpasar, sukses menumbangkan lawannya Bayu L, di kelas A, dengan skor 5-0.

Padahal, Putu Wiguna merupakan atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), dan bukan merupakan skuad tim PON Bali. “Saya diminta tampil oleh pelatih, sebab Bali tidak meloloskan atlet di kelas A,” kata pesilat kelahiran 2005 ini.

Baca juga:  India Temukan "Varian Mutan Ganda" COVID-19, Catat Rekor Kasus Tertinggi Sejak November

Selengkapnya baca di sini

2. Kurangi Ketergantungan Buah Impor, Dawan Klod Kembangkan Buah Lokal

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Desa Dawan Klod Kecamatan Dawan, Klungkung, menjadi salah satu pusat pengembangan buah lokal, sawo. Respons pasar yang cukup bagus, membuat dilakukan pencangkokan dan ditanam kembali pada lahan-lahan desa.

Bahkan, hingga di pekarangan rumah. Harga buah lokal ini juga cukup konsisten dan menjadi salah satu buah pilihan untuk kebutuhan upacara agama, dari pada buah impor.

Selengkapnya baca di sini

3. Harga Cabai Besar dan Bawang Merah Anjlok, Petani Merugi

BANGLI, BALIPOST.com – Harga cabai merah besar di tingkat petani merosot sejak dua pekan terakhir. Jika sebelumnya laku dijual di kisaran Rp 35 ribu per kilogram, kini hanya Rp 8 ribu.

Baca juga:  Terjaring Razia di Kos-kosan, Oknum PNS Bangli Positif Narkoba

Jro Mangku Komang Raka, petani cabai di Banjar Hulundanu Desa Songan, Kintamani mengaku tak tahu pasti penyebab turunnya harga cabai merah besar dalam dua pekan terakhir. Dia mengatakan penurunan harga terjadi bertahap dari yang awalnya Rp 35 ribu turun menjadi Rp 30 ribu kemudian Rp 16 ribu dan kini di kisaran harga Rp 8 ribu per kilogram.

Selengkapnya baca di sini

4. Cahaya Hijau Muncul di Merapi, Ini Penjelasan LAPAN

JAKARTA, BALIPOST.com – cahaya hijau yang muncul di dekat Gunung Merapi sehari setelah Gerhana Matahari Total Perigee (Super Blood Moon). Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa cahaya hijau yang muncul kemungkinan berkaitan dengan aktivitas hujan meteor.

Baca juga:  Upacara Melasti Ida Batara Natar Sari Apuan di Segara Batu Bolong

“Diduga kilatan cahaya yang kehijauan yang muncul di dekat Gunung Merapi mungkin terkait dengan aktivitas hujan meteor,” kata peneliti LAPAN Andi Pangerang, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selengkapnya baca di sini

5. Memprihatinkan! Sampah di TPA Mandung Meluber Tutupi Jalan Masuk Kantor UPT

TABANAN, BALIPOST.com – Kondisi TPA Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan kini sangat memprihatinkan. Tumpukan sampah yang menggunung meluber menutupi jalan masuk kantor UPT TPA Mandung.

Luberan sampah juga memenuhi areal taman TPA. Kondisi ini lantaran salah satu alat berat yakni eksavator rusak satu bulan lalu, ditambah lagi kesadaran masyarakat mengolah sampah berbasis sumber masih cukup rendah, yang masuk ke TPA Mandung rata-rata 90 ton perhari.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *