Seorang tenaga medis berada di luar rumah sakit di Madrid, Spanyol pada 12 April 2020 saat negara itu sedang menghadapi wabah COVID-19. (BP/AFP)

MADRID, BALIPOST.com – Spanyol akan membuka kembali pelabuhannya untuk kapal pesiar internasional. Pembukaan pelabuhan dimulai 7 Juni, dengan harapan menjelang musim panas mampu menyelamatkan sektor pariwisata yang babak belur akibat pandemi, kata Kementerian Transportasi pada Sabtu (29/5).

Otoritas kelautan Spanyol menyetujui pelabuhan tersebut dibuka kembali mengingat kecilnya tingkat insiden COVID-19 dan peningkatan vaksinasi, menurut instruksi yang dimuat dalam lembar negara Spanyol, Sabtu. Spanyol mulai memberlakukan pelarangan kapal pesiar pada Juni 2020 saat pandemi melanda Eropa.

Baca juga:  Dinas Kesehatan Semprotkan Disinfektan di Medewi

Sejumlah kasus penyebaran dikaitkan dengan kapal pesiar di seluruh dunia. “Perusahaan ekspedisi wajib mematuhi aturan dari Kementerian Kesehatan … guna menjamin keamanan komprehensif, baik untuk penumpang kapal pesiar maupun kota tempat mereka berlabuh,” kata Kementerian Transportasi melalui Twitter, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Pihaknya menambahkan bahwa sebelum pandemi, Spanyol menjadi tujuan populer kedua bagi kapal pesiar internasional di Eropa. Spanyol, yang juga merupakan negara paling banyak dikunjungi kedua di dunia sebelum krisis kesehatan, adalah salah satu negara Eropa yang mengalami pandemi terparah, dengan 79.000 lebih kematian dan 3,7 juta kasus COVID-19.

Baca juga:  Ini, Rincian 5 Kasus Positif COVID-19 Terbaru di Bali

Jumlah wisatawan mancanegara ke Spanyol anjlok 80 persen tahun lalu lantaran serentetan pembatasan COVID-19 menghentikan operasi industri. Namun dengan tingkat kasus COVID-19 yang rendah, peningkatan vaksinasi, serta penghapusan jam malam di sebagian besar wilayah, Spanyol ingin membuka kembali industri pariwisatanya yang vital musim panas ini.

Perdana Menteri Pedro Sanchez pekan lalu mengumumkan bahwa Spanyol akan menyambut kembali wisatawan dari seluruh dunia mulai 7 Juni. Syaratnya mereka sudah divaksin COVID-19. (kmb/balipost)

Baca juga:  Nasional Tambah Seribuan Kasus COVID-19
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *