Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (15/5) jelang berakhirnya larangan mudik Lebaran. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan pengamanan dan pengaturan di Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (15/5) siang. Dalam peninjauan, baik di pos Penyekatan Cekik hingga di Pelabuhan Gilimanuk, Menhub menhinstruksikan kepada seluruh jajaran gabungan untuk tetap waspada mengantisipasi arus balik.

Ia memprediksi lonjakan arus balik terjadi hingga 20 Mei. Kemenhub memprediksi pasca-Lebaran arus balik akan tinggi mulai Minggu (16/5) hingga Kamis (20/5). Kemungkinan terjadi kenaikan arus balik di sejumlah lokasi tujuan di Indonesia, termasuk ke Bali.

Baca juga:  Pelajar Tewas di Lapangan Puputan Badung, Gara-gara Hendak Minum

Pergerakan arus balik ke Bali, menurutnya harus dikontrol dengan baik. Sebab, dengan adanya penerapan larangan mudik, COVID-19 menurun.

Menhub mengapresiasi seluruh masyarakat yang sudah menaati aturan. Begitu juga kepada seluruh petugas baik itu Polri, TNI , Perhubungan, BPBD dan ASDP apresiasi telah melaksanakan tugas negara dengan baik.

Dengan adanya kemungkinan arus balik, pihaknya meminta seluruh petugas untuk menguatkan konsolidasi. Mempersiapkan seluruh jajaran dan mekanisme agar pelaksanaan arus balik berjalan dengan baik.

Baca juga:  Masih Fluktuatif, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Turun dari Sehari Sebelumnya

Menhub datang ke Gilimanuk dengan menggunakan helikopter dan langsung meninjau sejumlah titik penyekatan. Baik di Pos Cekik maupun di Pelabuhan Gilimanuk lokasi pintu masuk ke Bali. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *