Kegiatan pemberian Vaksin HPV bagi anak-anak SMP. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sejumlah siswi SMP di Gianyar menerima Vaksin Human Papilloma Virus (HPV) untuk melindungi tubuh dari infeksi human papilloma virus (HPV). Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra disela-sela kegiatan, Jumat (7/5) mengatakan pemberian vaksin ini untuk remaja putri yang belum lengkap mendapatkan vaksin HPV.

Ia mengatakan YKI cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gianyar memberikan vaksin HPV kepada siswi SMP se-Kabupaten Gianyar. Vaksinasi ini diberikan secara simbolis kepada 28 siswa SMP N 1 Blahbatuh serta akan dilakukan secara serentak kepada siswi SMPN di Kabupaten Gianyar oleh Puskesmas pengampunya.

Baca juga:  Ditanya Soal Balita Positif COVID-19, Ini Jawaban Kasatgas Bali

Pemberian vaksin ini merupakan program rutin YKI Kabupaten Gianyar sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 YKI cabang Gianyar telah memberikan vaksinasi kepada 1.120 orang anak dengan anggaran Rp 728 juta, tahun 2016 sebanyak 1.458 orang anak dengan anggaran Rp 1,02 miliar.

Sedangkan di 2017 sebanyak 2.902 anak dengan anggaran Rp 5 miliar lebih, dan 2019 sebanyak 3.737 anak dengan anggaran Rp 3,189 miliar.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Denpasar Naik 35 Persen, Mobilitas Warga Diperketat dengan 7 Pos Penyekatan

Karena pandemi di 2020, program vaksinasi ini tidak bisa dilaksanakan. Namun, tahun ini kembali dilaksanakan dengan sasaran yang lebih spesifik dengan skala prioritas.

Salah seorang peserta vaksinasi, Ni Kadek Diva Pramesti siswi SMP Negeri 1 Blahbatuh merasa sangat senang bisa mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan oleh YKI cabang Gianyar. Dia berharap vaksinasi in dapat mencegah dirinya terkena kanker servik, kanker payudara, serta kanker lainnya yang rentan menyerang remaja putri. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Soal Terus Dilaporkannya Korban Jiwa COVID-19 Meski Kasus Melandai, Kadis Kesehatan Sebut Ini Penyebabnya
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *