Peti jenazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha saat berada di dalam mobil kreta merta usai penyambutan di Terminal Kargo Bandara SMB II Palembang, Rabu malam (28/4). (BP/Antara)

PALEMBANG, BALIPOST.com – Jenazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Papua tiba di Palembang, Rabu malam (28/4). Suasana haru menyambut kedatangan jenazah Komang Wira.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, tante korban tak kuasa menahan tangis saat peti jenazahnya akan dimasukkan ke dalam mobil jenazah (kereta merta). Ia terpaksa dibopong ke ruang kesehatan Terminal Kargo Bandara SMB II Palembang, tempat proses pelepasan jenazah berlangsung dan langsung dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Hendri.

Baca juga:  Aparat Keamanan Terus Kejar KKB

Tante I Komang itu baru sadarkan diri saat jenazah telah dimasukan ke mobil dan siap diberangkatkan ke kampung halamannya. Komang Wira lahir dan besar di Desa Tegal Besar Kecamatan Belitang II, Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang berjarak sekitar 188 kilometer dari Kota Palembang.

Jenazah Komang Wira tiba di Bandara Internasional SMB II Palembang pukul 19.00 WIB menggunakan Maskapai Batik Air. Selanjutnya Kapolda Sumsel memimpin upacara serah terima ke keluarga.

Baca juga:  Anak di Bawah Umur Kembali Jadi Korban Pelecehan Seks di Buleleng

“Kita berduka, putra terbaik bangsa hari ini kembali ke pangkuan ibu pertiwi,” kata Irjen Pol Eko Hendri saat amanat pelepasan.

Pihaknya juga menyerahkan santunan dari Asabri kepada perwakilan keluarga. Ia menyatakan duka cita mendalam atas gugurnya I Komang Wira Natha yang lulus Brimob pada 2019 dan bertugas di Kompi III Batalyon C Pelopor Polda Sumsel.

Sebelumnya pada Selasa pukul 08.00 WIT, I Komang Wira Natha gugur saat kontak senjata dengan KKB pimpinan Lekagak Telengen di Markas Lumawi Kampung Makko, Distrik Ilaga Utara.

Baca juga:  Terima Info Bharada Komang Gugur, Duka Selimuti Keluarga Besarnya di Marga

I Komang baru bertugas sekitar tiga bulan saat gugur menghadapi KKB. Atas jasa bela negaranya tersebut Kapolri menaikan pangkatnya dari Bharada menjadi Bharatu (Anumerta).

“Dia (I Komang) tergabung dalam Satgas Ops Nemangkawi tahap I mulai Januari sampai Juni,” kata Kaminops Nemangkawi 2021 Kombes Pol Ardiansyah Daulay usai penyerahan jenazah.

Ia menambahkan dua anggota yang turut terkena tembakan KKB saat I Komang gugur yakni Ipda Anton dan Bripka M Syaifudin, kondisinya saat ini sudah pulih. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *