Ilustrasi. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Jaringan internet ke rumah-rumah warga di Kabupaten Badung terus digencarkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat. Setidaknya, hingga saat ini telah mencapai 1.360 titik tersebar di enam kecamatan.

Kadis Kominfo Badung, IGN Jaya Saputra saat dikonfirmasi Selasa (27/4) membenarkan pihaknya telah memasang jaringan internet ke rumah-rumah warga. Pemasangan internet yang dilakukan swadaya dari masyarakat atas persetujuan Diskominfo telah mencapai 1.360 titik.

Baca juga:  Kendala Geografis, Puluhan WiFi Gratis di Tabanan "On Progress"

“Banyak rumah tangga yang telah memanfaatkan jaringan internet gratis. Tidak menutup kemungkinan ini terus bertambah mengingat masyarakat sangat antusias,” ujar Jaya Saputra didampingi Kabag Humas, Made Suardita.

Menurutnya, wilayah yang pertama memanfaatkan jaringan internet ke rumah-rumah adalah Desa Bindu pada April 2020. “Karena ini swadaya yang kami layani yang memang membutuhkan untuk layanan dasar terutama desa atau banjar-banjar yang jauh dari pelayanan provider swasta,” katanya.

Baca juga:  Smartfren Ikut Sukseskan "Nangun Sat Kerthi Loka Bali"

Terkait kuota yang diberikan setiap banjar-banjar kata Jaya Saputra mencapai 100 Mbps. Kuota ini diprioritaskan untuk layanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan pemerintah lainnya.

Hal ini merupakan salah satu inovasi berupa menciptakan startup baru dan e-commerce dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 dan menumbuhkan kreativitas pembuatan konten. “Sementara kuota masih rata-rata (100 Mbps), karena untuk layanan pendidikan, kesehatan dan pelayanan pemerintahan menjadi skala prioritas. Semoga ekonomi segera pulih, sehingga ke depan akan kami perhatikan (peningkatan kuota -red),” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *