Suasana pakelem yang digelar untuk mendoakan KRI Nanggala-402 agar cepat ditemukan. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Operasi pencarian terus dilakukan untuk menemukan KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4). Untuk mendoakan dan menemukan KRI itu dilangsungkan upacara Ngaturang Pakelem di laut Labuhan Lalang, Desa Sumberkelampok, Kecamatan Gerokgak Sabtu (24/4).

Upacara ini dihadiri Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra bersama Gubernur Bali, Wayan Koster, Bupati Putu Agus Suradnyana, Kapolres AKBP Made Sinar Subawa, dan Dandim 1609 Buleleng Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto. Upacara ini dipuput Ida Pandita Dukuh Tri Budha Natha Gni Nanda dari Grya Gde Bajra Sidhi, Desa Adat Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak.

Baca juga:  Salah Satu Kru KRI Nanggala-402 Asal Karangasem, Ini Cerita Sang Paman

Ketua PHDI Buleleng, I Gde Made Metera, upacara ini digelar untuk mendoakan agar KRI Nanggala-402 segera ditemukan. Selain itu para prajurit TNI AL yang mengawaki kapal dalam keadaan selamat. “Upacara ini untuk mendoakan dan memohon restu dan petunjuk agar pencarian dilancarkan, sehingga kapal selam ditemukan, dan 53 orang awak kapal selamat,” katanya.

Upacara pakelem tak hanya sekali saja, namun sesuai petunjuk Ida Pandita, seandainya kapal selam itu ditemukan, akan dilanjutkan mulang pakelem dengan sarana yang lebih besar.

Baca juga:  KRI Nanggala-402 Masih Terus Dicari, Ini Armada yang Dikerahkan

Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa mengatakan, pihaknya menyiagakan personel di Pelabuhan Celukan Bawang. “Kami kerahkan anggota untuk antisipasi sewaktu-waktu diperlukan dalam rangka penanganan bencana agar segera mengambil tindakan,” katanya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *