Tangkapan layar saat penjelasan diperluasnya layanan GoMart dengan menghadirkan beragam fitur. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – GoMart, layanan belanja online di aplikasi Gojek kini semakin lengkap. Ini, karena ada perluasan layanan dan fitur yang dihadirkan untuk terus menjadi andalan masyarakat.

Head of Groceries Gojek, Tarun Agarwal, Kamis (15/4), menyebutkan GoMart saat ini tampil dengan berbagai peningkatan layanan yang semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi. Ada penambahan pilihan merchant serta produk, terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualitas.

Selain itu, ada juga perluasan jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia dan peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman “Emak Jago.”

“Sejak diluncurkan kembali pada 2019 lalu, lewat kerja sama dengan Alfa Group, GoMart telah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama pandemi, kami melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler. Mereka semakin mengandalkan layanan GoMart,” paparnya.

Ia mengungkapkan perubahan ini disambut baik oleh masyarakat tercermin dari angka pertumbuhan bisnis GoMart sebanyak 7-8 kali lipat selama pandemi di 2020. Hal ini sekaligus membuktikan bagaimana GoMart menjadi salah satu layanan yang krusial di ekosistem Gojek.

Baca juga:  Rayakan Kemerdekaan RI, Gojek Kibarkan Nama di Empat Negara

Setelah bermitra dengan Alfa Group di awal peluncuran, kini GoMart telah memperluas kemitraannya mulai dari merchant tradisional hingga modern dengan supermarket dan merchant lainnya. Seperti LOTTE Mart, Giant, Giant Express, Foodhall, Sayurbox, Perum Bulog, Pasar Jaya dan Best Meat, dan lebih banyak lagi merchant yang menyediakan bahan makanan segar untuk memenuhi kebutuhan mingguan pelanggan.

GoMart juga memperluas layanan ke 11 kota baru di Indonesia sejak April 2020. Saat ini layanan belanja online GoMart sudah dapat dinikmati di luar Jabodetabek, yaitu Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

Evolusi baru GoMart ini turut disambut baik oleh salah satu merchant hypermarket pertama GoMart, yakni LOTTE Mart. General Manager Online Business LOTTE Mart, Tony Suryadi mengatakan sejak awal, LOTTE Mart senantiasa memanjakan konsumen dengan segala kemudahan saat berbelanja. “Kami menyadari bahwa pandemi turut mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat. Oleh karenanya, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoMart untuk menawarkan pilihan belanja online,” ujarnya.

Baca juga:  Blue Bird Gandeng Gojek Luncurkan Go-Bluebird

Emak Jago

Emak Jago yang siap membantu pelanggan memastikan kesegaran dan kualitas terbaik dari bahan makanan, terutama produk segar merupakan bukti keseriusan GoMart dalam menjawab tantangan yang dihadapi pengguna. Asisten belanja Emak Jago telah dilengkapi dengan pelatihan yang memadai untuk melayani kebutuhan belanja, mulai dari menerima pesanan hingga memilih bahan segar di supermarket dan hypermarket yang menjadi merchant GoMart.

Asisten belanja ini juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan bagi para perempuan yang mengalami tantangan selama pandemi. Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC), antara Agustus hingga September, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja.

Baca juga:  Harkulnas GoFood 2020, Mitra di Bali Alami Rerata Kenaikan Omzet Belasan Persen

Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan. Hal ini menyatakan bahwa angka perempuan yang terpaksa di-PHK lebih tinggi 4 kali lipat ketimbang jumlah laki-lakinya, yaitu 216.000 orang pekerja.

Upaya GoMart ini mendapat dukungan dari Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Vennetia Ryckerens Danes. Ia mengatakan dampak pandemi COVID-19 lebih berat dirasakan oleh kelompok perempuan baik dari sisi ekonomi maupun psikologis. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut akan berdampak terhadap terhambatnya pencapaian pembangunan SDM unggul.

Oleh karenanya, inisiatif Gojek lewat layanan GoMart yang merekrut ibu-ibu, khususnya keluarga mitra driver, sebagai asisten belanja patut didukung dan diacungi jempol. “Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi.” (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.