Tim Pemburu Pelanggar Prokes COVID-19 Polda Bali menyasar pasar jelang hari raya Galungan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bertepatan Penampahan Galungan, Selasa (13/4), Tim Pemburu Pelanggar Prokes COVID-19 Polda Bali menyasar pasar yang ada di wilayah Denpasar. Kedatangan tim ini untuk memastikan para pedagang dan pengunjung pasar terkait menerapkan protokol kesehatan.

“Tim mendatangi Pasar Desa Tegal Kertha dan Pasar Pemecutan. Banyak warga yang belanja sarana persembahyangan,” kata Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Firman Nainggolan, S.H., M.H., selaku Karendal Ops Aman Nusa Agung II-2021.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Maluku ini menjelaskan, kehadiran Tim Pemburu Pelanggar Prokes bukan untuk menakuti masyarakat yang akan berbelanja. Namun untuk mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar tetap patuh serta disiplin terhadap prokes, minimal masyarakat memakai masker dengan baik dan benar.

Baca juga:  1,5 Tahun Penertiban Masker di Denpasar, Uang Denda Terkumpul Ratusan Juta

“Tidak ada melakukan penindakan berupa sanksi denda, hanya memberikan teguran dan imbauan saja. Kegiatan ini juga sebagai bukti bahwa Polri selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun agar masyarakat merasa aman, nyaman dan sehat. Kegiatan ini juga dilakukan sampai tingkat polres,” ujarnya.

Karo Ops mengungkapkan, tidak hanya umat Hindu yang merayakan hari raya Galungan, umat Muslim juga melaksanakan ibadah puasa. Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Bali dan menekan angka COVID-19.

Baca juga:  Monumen dan Lapangan Puputan Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Polda Bali akan meningkatkan patroli ke tempat ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Bahkan kemungkinan Tim Pemburu Pelanggar Prokes akan diterjunkan untuk memantau dan mengawasi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah.

Pihaknya tidak menutup kemungkinan tim kami akan menyambangi Masjid agar kegiatan ibadah mematuhi prokes dan pelaksanaannya bisa diatur sesuai Surat Edaran Gubernur Bali serta Instruksi Menteri Dalam Negeri.
Perwira melati tiga di pundak ini berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin prokes sesuai anjuran pemerintah dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir.

Baca juga:  Penanganan Kebakaran Belum Maksimal di Karangasem

“Selain mematuhi prokes, mari sama-sama berdoa agar virus ini cepat hilang. Kepada umat Hindu, saya mengucapkan selamat hari raya Galungan dan kepada umat Muslim, selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga kita selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *