Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (tengah) saat memberikan keterangan di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). (BP/Antara)

INDRAMAYU, BALIPOST.com – Kebakaran di Kilang Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat sudah berhasil dipadamkan. Kepastian ini diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Sabtu (3/4).

Ia mengatakan saat ini sedang dilakukan pendinginan. “Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Indramayu, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menteri Arifin mengatakan meskipun sudah dinyatakan padam, namun Pertamina masih terus melakukan penanganan di tangki yang terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Penanganan tersebut, lanjut Arifin, dilakukan dengan pendinginan di tangki yang terbakar.

Baca juga:  #BijakBerplastik, Danone-Aqua Teguhkan Komitmen Atasi Sampah Plastik

Diharapkan bisa menurunkan temperatur agar tidak menimbulkan api kembali. “Masih dilakukan pendinginan minyak yang berada di dasar, sehingga bisa menurunkan temperaturnya,” ujarnya.

Ia menuturkan beberapa waktu lalu api yang membakar empat tangki Kilang Balongan sudah bisa berhasil dipadamkan. Namun selang beberapa jam kemudian api kembali membakar.

Kejadian tersebut, kata Arifin, karena minyak yang tersisa masih panas dan berkontak langsung dengan udara, sehingga api menyala kembali. Ia memastikan untuk kali ini kebakaran di empat tangki Kilang Pertamina Balongan, sudah bisa diatasi dan dapat dipadamkan.

Baca juga:  Cari Penyebab Terbakarnya Kilang Pertamina di Balongan, Polri Turunkan Inafis

“Memang beberapa waktu lalu terjadi kebakaran kembali, ini dikarenakan minyak masih panas, dan terbukanya permukaan cairan serta kontak lagi dengan udara,” kata Menteri ESDM. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *