AAGN Ari Dwipayana (kiri) mengikuti Dharma Santi Nyepi Saka 1943, Sabtu (27/3) yang digelar luring di Yogya dan daring lewat Zoom dan streaming. (BP/Istimewa)

YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Dalam Dharma Shanti Nasional Perayaan Nyepi tahun Saka 1943 tahun 2021, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN. Ari Dwipayana menegaskan pentingnya kolaborasi dan harmoni untuk Indonesia Maju. Bangsa Indonesia bisa mengambil inspirasi dari pembangunan Candi Prambanan, sebuah mahakarya dari para leluhur di masa lalu.

“Kita pernah membangun sebuah mahakarya yang luar biasa yaitu Candi Prambanan. Mahakarya ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya kolaborasi dalam harmoni pada masa itu. Sehingga kolaborasi dan harmoni sangat tepat diangkat sebagai tema perayaan hari suci Nyepi tahun ini”, ujar Ari yang juga merupakan Tokoh Puri Kauhan Ubud saat konferensi pers jelang acara Dharma Santi Nasional di Yogyakarta, Sabtu (27/3), sesuai rilis yang diterima.

Baca juga:  Nyepi di Era Pandemi, Momentum Bangkit dengan Semangat Baru

Ari juga mengapresiasi ikhtiar umat Hindu untuk selalu menjaga keharmonisan dalam kehidupan. Baik keharmonisan antar sesama manusia, antara manusia dengan alam, dan antara manusia dengan sang pencipta.

“Ini tentang bagaimana kita membangun tatanan kehidupan yg lebih harmonis, memuliakan alam, sebagai bentuk memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan kita,” tegas Ari yang juga merupakan dosen ilmu politik di UGM.

Ari yakin dengan kolaborasi dalam harmoni, bangsa Indonesia akan memghasilkan lebih banyak lagi mahakarya di masa depan. Mahakarya yang diperlukan untuk kemajuan Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *