Bambang Soesatyo. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Bali dikenal sebagai destinasi yang memiliki standard internasional. Bahkan, menurut Ketua MPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo Bali sudah hampir memiliki semua destinasi wisata favorit.

Namun, dikutip dari Kantor Berita Antara, pria akrab disapa Bamsoet ini mengatakan kawasan wisata yang terkenal indah itu belum memiliki destinasi wisata otomotif (sport automotive tourism) yang representatif.

Baca juga:  Pelebon Permaisuri Ida Dwagung Peliatan IX Jadi Tontonan Wisatawan

“Pembangunan Bali Pecatu International Circuit sangat diperlukan. Di sini kita akan bangun sirkuit untuk Gokart World Championship, drake bike, mini Moto GP, Balap Motor Underbone dan lain-lain,” ungkap Bamsoet dalam pernyataannya, Kamis (25/3).

Ia menilai Bali Pecatu International Circuit ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Berdekatan dengan Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Di sekitarnya sudah ada prasarana pendukung seperti hotel bintang 1 sampai 6, hingga kawasan kuliner dan pendukung lainnya. Kehadiran sirkuit ini, dipercaya lebih menasbihkan Bali sebagai one stop tourist destination.

Baca juga:  Akan Gantikan Jayan Danu Jabat Kapolda Bali, Begini Kata Warga Soal Brigjen Putra Narendra

Juga, akan menumbuhkan bibit pembalap muda yang tangguh. “Panjang lintasan sirkuit bisa mencapai 1,5 km. Bisa digunakan menggelar event balap motor kelas underbone hingga kejuaraan gokart, dari tingkat nasional hingga internasional. Sekaligus sebagai persiapan Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah kejuaraan motor internasional Mini GP,” kata Bamsoet.

Bamsoet mengatakan bahwa Organisasi Wisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) mencatat sepanjang tahun 2019, sektor sport tourism berkontribusi sebesar 10 persen dari total industri pariwisata dunia, dengan nilai mencapai 800 miliar dolar AS.

Baca juga:  Jepang Turunkan Status COVID-19 Setara Flu Musiman

“Pertumbuhannya juga terus menjanjikan. Membangun Sirkuit bertaraf internasional di Pecatu merupakan langkah tepat untuk semakin menarik turis wisata olahraga datang ke Bali,” tutup dia. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *