Ilustrasi. (BP/Suarsana)

DENPASAR, BALIPOST.com – Penambahan pasien COVID-19 sembuh pada Senin (15/3) masih melampaui kasus baru. Jumlahnya mencapai 227 orang sehingga akumulatif pasien sembuh sebanyak 34.311 orang.

Penyumbang pasien sembuh terbanyak pada hari ini adalah Badung. Zona merah ini melaporkan tambahan pasien sembuh sebanyak 98 orang.

Sedangkan posisi kedua diduduki Denpasar dengan 28 pasien sembuh. Disusul Buleleng di peringkat ketiga dengan 27 pasien sembuh.

Kemudian terdapat Klungkung yang melaporkan tambahan pasien sembuh puluhan orang. Yaitu 20 warga dinyatakan pulih dari COVID-19.

Lima kabupaten lainnya melaporkan tambahan belasan hingga di bawah 10 pasien sembuh. Yaitu Karangasem dan Bangli sama-sama 13 orang, Jembrana 12 orang, Tabanan 9 orang, dan Gianyar 7 orang.

Khusus untuk Gianyar, dari data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, sudah keempat kalinya melaporkan tambahan kasus baru yang langsung sembuh. Dalam sehari, Kabupaten yang menyandang status zona orange ini melaporkan kasus baru sama dengan jumlah pasien sembuh.

Baca juga:  Cegah Penyebaran COVID-19, Pemprov Gelar Disinfeksi

Kali pertama Gianyar mencatatkan kasus baru sama dengan jumlah pasien sembuh adalah Rabu (10/3). Saat itu, tercatat ada 26 kasus baru dan 26 orang juga dilaporkan sembuh.

Padahal dilihat dari kasus aktifnya pada Selasa (9/3) berjumlah 5 orang, bukan 31 orang jika ditambah oleh pasien yang dilaporkan sembuh pada keesokan harinya sebanyak 26 orang.

Dari data ini bisa diduga bahwa kasus baru yang dilaporkan itu merupakan pasien sembuh yang dicatatkan pada Rabu. Data Rabu juga menunjukkan jumlah kasus aktifnya 5 orang sama dengan sehari sebelumnya.

Kemudian laporan kasus baru dan jumlah pasien sembuh yang sama dilaporkan Gianyar secara berturut-turut mulai 12 Maret, 13 Maret, dan 15 Maret. Seluruhnya, dilaporkan kasus baru sebanyak 7 orang, namun juga dicatatkan pasien sembuh dengan jumlah yang sama.

Jika merujuk pada data Satgas Penaganan COVID-19 Bali, Gianyar merupakan satu-satunya kabupaten yang mencatatkan hal ini. Kasus aktif di Gianyar sejak 11 Maret hingga 5 Maret stagnan di angka 4 orang, meskipun ada laporan kasus baru setiap harinya.

Baca juga:  Kapolda Bali Imbau Perayaan Imlek Patuhi Prokes

Sementara itu, dilihat dari tambahan kasus baru pada hari ini, selain Gianyar yang bertambah 7 orang, seluruh kabupaten/kota melaporkannya. Terbanyak dilaporkan Badung dengan jumlah 28 orang. Disusul Denpasar 16 orang, Jembrana 14 orang, Klungkung 11 orang, Karangasem dan Buleleng sama-sama 8 orang, Bangli 4 orang, dan Tabanan 3 orang.

Dilaporkan pula 1 warga kabupaten lain terkonfirmasi sehingga tambahan kasus hari ini mencapai 100 orang. Kumulatif kasus COVID-19 Bali mencapai 37.000 orang, dengan klasifikasi 34.884 transmisi lokal, 1.798 pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), dan 318 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Baca juga:  Soal Mahasabha Luar Biasa PHDI, Wisnu Bawa Tenaya Sebut Ilegal

Kasus aktif berkurang sebanyak 135 sehingga masih ada 1.664 orang yang dirawat maupun menjalani karantina. Posisi lima teratas kasus aktif adalah Denpasar 624 orang, Badung 319 orang, Buleleng 151 orang, Jembrana 111 orang, dan Tabanan 109 orang.

Posisi keenam hingga sembilan adalah Bangli 83 orang, Klungkung 79 orang, Karangasem 73 orang, dan Gianyar 4 orang. Masih terdapat 101 warga kabupaten lain dan 10 WNA yang dirawat. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *