Umat Hindu melasti di Pantai Purnama, Gianyar pada 2018. (BP/Dokumen)

GIANYAR, BALIPOST.com – Rangkaian Hari Raya Nyepi di Kecamatan Sukawati akan mengacu pada kesepakatan bersama. Camat Sukawati, I Gusti Ngurah Gede Udayadnya, Rabu (3/3) mengatakan kegiatan upacara melis atau melasti dalam rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi dilaksanakan ngubeng di masing-masing desa adat.

Diungkapkannya, peserta kegiatan melasti secara ngubeng ini juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas tempat. Peserta melasti ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Gegerkan Warga Temuan Tulang Di Batubulan

Udayadnya menjelaskan ntuk mengurangi kerumunan pada di Ngembak Geni, Senin (15/3), semua akses ke pantai di Kecamatan Sukawati Gianyar akan ditutup sementara selama satu hari. Penutupan ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan saat pelaksanaan Ngembak Geni.

Di Kecamatan Sukawati ada sejumlah pantai, mencakup Pantai Purnama, Pantai Rangkan, Pantai Gumicik, hingga Pantai Lembeng.
Ia menambahkan akses ke pantai di wilayah Sukawati akan dijaga ketat oleh petugas gabungan TNI-Polri serta Pecalang. “Nanti pada saat Hari Ngembak Geni akan dijaga petugas keamanan di masing-masing akses pantai,” ucapnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.