imlek
Umat Tionghoa melaksanakan persembahyangan Hari Raya Imlek di Klenteng Ling Gwan Kiong, Jumat (16/2/2018). (BP/dokumen)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam perayaan Imlek, ada sejumlah makanan khas yang disajikan. Makanan ikonik yang harus tersaji ini dipercaya bisa membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, berikut enam makanan ikonik khas Imlek yang biasa disajikan di tahun baru dan filosofinya :

1. Kue beras ketan

Kue beras ketan dipercaya sebagai hidangan yang menyimbolkan “meraih posisi tinggi di pekerjaan atau keberuntungan setiap tahun,” kata Lee Man Sing, executive chef restoran Mott 32 dikutip dari Asia Tatler pada Jumat (12/2).

Dengan sejarah lebih dari 1.000 tahun, kue beras ketan memiliki banyak variasi karena perbedaan adat istiadat di berbagai daerah di China. Di China Selatan, ada pilihan kue beras manis dan gurih, sedangkan di Hong Kong, kue manis berwarna merah tua lebih umum.

Di Indonesia, biasa dikenal dengan kue keranjang.

2. Kue lobak

“Kue lobak dalam dialek Taiwan disebut cài tóu gāo (菜 頭 糕) dan merupakan homophone untuk “keberuntungan” dalam bahasa Taiwan, hǎo cǎi tóu (好 彩 頭),” kata chef Jowett Yu dari restoran Ho Lee Fook.

“Secara tradisional, kue beras di Taiwan hanya bubur, karena makan kue yang terbuat dari beras merupakan komoditas yang mahal. Secara anekdot, baru pada tahun 1950-an di Tainan seseorang membawa kembali ide untuk menambahkan daikon ke kue lobak dari Hong Kong,” tambahnya.

Bahan terpenting kue lobak di antaranya udang kering, sosis yang diawetkan, dan jamur, kata chef Lee.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Capai Tiga Ribuan Orang

Bahan-bahannya dicampur dengan lobak parut rebus; tepung beras dan maizena untuk membuat adonan lobak. Setelah itu, adonan dimasukkan ke dalam kukusan untuk mengeras, dan dibiarkan dingin agar mengeras.

Selain itu, untuk Tahun Baru Imlek, kue lobak, kue talas, dan puding manis adalah makanan yang wajib dimakan dalam budaya Tionghoa.

Berasal dari 3.000 tahun yang lalu, makanan ini menandakan panen yang baik dan bermakna keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Jenis kue lobak paling populer berasal dari Cina selatan dan dipamerkan dalam masakan Kanton.

Versi modern mencakup bahan-bahan seperti makanan laut kering, daging kering, lobak, shiitake kering, tepung beras, dan pati. Tergantung pada koki, tepung dan pati bervariasi dari yang menggunakan pati jagung, pati kentang hingga pati kastanye.

Rasio emas terbaik adalah 6 bagian lobak: 2 bagian air dan 1 bagian tepung dan pati. Ini memastikan jumlah bahan maksimum ke jumlah tepung paling sedikit.

Tentu saja, tekstur tergantung pada preferensi pribadi dan faktor apa yang dibesarkan oleh seseorang. Beberapa menyukainya lebih padat dan lebih kasar sementara yang lain lebih suka kue yang lebih lembut.

3. Pangsit

Sebagai tanda kemakmuran, kekayaan, dan kelimpahan, pangsit dimakan saat Tahun Baru Imlek karena bentuknya yang menyerupai batangan emas, jelas chef Lee.

Karena itu, orang Tionghoa percaya bahwa memiliki pangsit saat Tahun Baru Imlek akan menarik kekayaan sepanjang tahun, tambahnya.

Pangsit biasanya dibuat dengan daging dan sayuran cincang yang dibungkus dengan sepotong kulit adonan. Secara tradisional, pangsit rebus dimakan selama Tahun Baru Imlek dan terkadang koin ditempatkan di dalam pangsit untuk menarik kekayaan.

Baca juga:  Diguyur Hujan, Pawai Parade Nusantara Imlek Diawali Pemukulan Kendang

Meskipun pangsit sebagian besar dimakan di Hong Kong, hidangan ini jarang dimakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Hong Kong. Sebaliknya, pangsit lebih populer di China Utara selama periode perayaan dan isian yang berbeda mewakili arti yang berbeda.

Misalnya, isian berbahan dasar seledri berarti kerja keras mengarah pada kehidupan yang kaya, sedangkan isian kubis berarti ratusan cara untuk menarik kekayaan.

4. Tangyuan

Tangyuan atau bola nasi ketan, memainkan frasa yuen yuen moon moon (圓圓滿滿) dalam bahasa Kanton, yang berarti “sesuatu yang lengkap dan lengkap, yang menandakan kelengkapan dan kepuasan dalam hidup,” jelas chef Yu.

Begitu pula ketika tangyuan diucapkan dengan sedikit perubahan nada, artinya berubah menjadi “reuni keluarga”, demikian alasan dibalik adanya tangyuan sebagai makanan penutup saat makan malam reuni.

Isi tradisional bola ketan adalah wijen hitam, kacang tanah atau pasta kacang merah. Karena biasanya disajikan dalam sup pencuci mulut manis Cina (tong sui), koki Lee merekomendasikan membuat tangyuan dengan sup manis jahe klasik.

5. Ikan utuh

Makan ikan utuh selama Tahun Baru Imlek adalah penting karena mempertahankan kepala dan ekor berarti ada awal dan akhir yang lengkap.

Ini juga merupakan keinginan untuk menabung banyak dan menghasilkan lebih banyak uang di tahun yang akan datang, karena ikan juga merujuk pada idiom leen leen yau yuu (年年 有餘), frase yang berarti “semoga ada [a] surplus [pendapatan] tahun demi tahun”.

Baca juga:  Perayaan Imlek Tidak Ada Keramaian

Karakter terakhir dari frasa, “yu”, berarti “surplus” dalam bahasa China, namun pengucapannya mirip dengan kata “ikan”, oleh karena itu makan ikan sangatlah penting untuk menarik kekayaan selama Tahun Baru Imlek.

Ikan kukus biasanya disajikan selama perayaan, namun ingatlah untuk memilih jenis ikan dengan bijak karena ikan yang berbeda mewakili arti yang berbeda. Ikan lele adalah pilihan yang jelas, karena namanya terdengar seperti “tahun surplus” dalam bahasa Mandarin.

Untuk keberuntungan, cobalah ikan mas Crucian, sedangkan yang setelah keberuntungan harus mendapatkan ikan mas Cina. Di Indonesia, biasanya Imlek dirayakan dengan hidangan ikan bandeng.

6. Mi

Mi biasanya dimakan pada hari ulang tahun dengan harapan umur panjang karena panjangnya mi. Di beberapa tempat, mi panjang umur dibuat lebih lama dari mi normal dan tidak dipotong.

Hidangan Kanton yang populer untuk merayakan acara-acara khusus seperti pernikahan atau pesta ulang tahun dengan harapan panjang umur dan sehat, hidangan mi ikonik ini secara tradisional menampilkan mi e-fu (atau yi mein) dengan daging kepiting dalam sup tertinggi, kata chef Lee.

“Alasan penggunaan mi e-fu adalah karena harga mi lebih mahal daripada pilihan lain dan daging kepiting biasanya dipandang sebagai bahan premium pada generasi yang lebih tua,” tambahnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *