Teras rumah warga di Jembrana dipenuhi abu vulkanik Gunung Raung. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Dampak aktivitas Gunung Raung, Jawa Timur masih terasa di sejumlah daerah di Pulau Bali, Kamis (11/2) pagi. Seperti di Kabupaten Jembrana, di beberapa warga merasakan mata perih ketika berkendara diduga karena hembusan abu vulkanik.

Di sejumlah teras rumah juga nampak debu hitam tipis menyelimuti lantai. “Ketika disapu baru terlihat pekat hitam seperti pasir. Sepertinya itu dari Gunung Raung, kemarin juga seperti ini, ” ungkap Ida Ayu Andiani, salah seorang warga di Batu Agung, Jembrana, Kamis (11/2) pagi.

Baca juga:  Evakuasi Jenazah Pendaki Gunung Raung Terkendala Cuaca

Kondisi serupa juga dialami di permukiman warga di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya. Debu tipis menyelimuti teras depan rumah warga. Bahkan beberapa pengendara motor mengaku terasa perih mata saat berkendara Kamis pagi.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III, Iman Fatchurochman,  menyebutkan sejak dua hari lalu, di beberapa daerah abu vulkanik memang terasa. Berdasarkan pantauan satelit, sebaran abu vulkanis 6 Februari sekitar pukul 07.00 WITA lalu bergerak ke timur. Termasuk ke arah kabupaten Buleleng dan Jembrana, mengingat saat ini angin baratan masih aktif. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.