Para Peserta yang meraih juara dalam lomba lomba Selonding Wanita Virtual 2021. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Perpustakaan Karangasem melaksanakan kegiatan lomba Selonding Wanita Virtual 2021 (Virtual Woman’s Selonding Copetition 2021). Dalam lomba itu, diikuti 16 sekeha dari sejumlah kabupaten/kota di Bali.

Kepala Dinas Perpustakaan Karangasem, I Wayan Astika, Minggu (7/2) mengungkapkan, katagori yang dilombakan, yakn katagori Gending Sekar Gadung (wanita umur 16-22tahun, SMA/SMK se-Bali, katagori Gending Rejang Gucek (versi lengkap) (wanita katagori umum se-Bali). Pelaksanaan lomba ini, dilakukan secara virtual.

Baca juga:  Permintaan Terus Meningkat, Perajin Kain Geringsing Kewalahan

“Untuk komposisi penyajian, palet 1 diulang sebanyak tiga kali. Pada sajian ke tiga langsung transisi ke palet dua yaitu gending Rejang Dauh Tukad. Palet ke dua terdiri dari dua bagian yaitu bagian A (tempo lambat) dan bagian B (tempo sedang). Bagian A disajikan satu kali tampa pengulangan dan dilanjutkan ke bagian B yang di sajikan enam kali pengulangan,” ucapnya.

Astika menambahkan, untuk format pengiriman video lomba, peserta mengirim hasil rekaman video berupa audio visual sesuai dengan katagori yang dipilih dengan latar belakang disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

Baca juga:  Jaringan PDAM Kembali Diterjang Longsor

Lebih lanjut dikatakannya, kompetisi sekaha selonding wanita sebagai bentuk respon atas meningkatnya antusias serta perkembangan sekeha selonding wanita di Bali. Event ini juga dimaksudnya sebagai ruang ekspresi seni di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Ini bagian upaya menjaga geliat eksistensi dan semangat berkesenian di masa new normal ini. Kita harap, lewat lomba ini juga diharapkan mampu mewadahi ruang ekspresi seni yang mengangkat kesenian gamelan selonding di Bali,” jelasnya. (Eka Prananda/Balipost).

Baca juga:  Koster Jalani Coklit di Buleleng
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *