Ketua Pengkab Percasi Tabanan yang baru terpilih Ida Bagus Gde Sudha Adnyana (kiri). (BP/Ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Ida Bagus Gde Sudha Adnyana pimpin Percasi Tabanan masa bakti 2021-2025, menggantikan Dewa Gede Adnyana, dalam Muskab Percasi Tabanan di Gedung KONI Tabanan, pada Rabu (3/2). IB Suda Adnyana terpilih secara aklamasi di Tabanan memimpin induk organisasi catur ini.

Sekum KONI Tabanan Made Nurbawa, di Tabanan, Jumat (5/2) menerangkan, IB Sudha Adnyana mempunyai visi dan misi ingin memajukan catur di Tabanan, terutama mulai tingkat kecamatan. “Tabanan memiliki 10 kecamatan dan yang berpotensi dikembangkan olahraga asah otak ini, terdapat tujuh kecamatan,” jelas pria yang akrab disapa Kadek Nur ini.

Baca juga:  Kepesertaan JKN-KIS Tembus 98 Persen, Pemkab Raih Penghargaan Penerapan UHC

Dikemukakan, pengembangan catur di kecamatan bisa berkoordinasi dengan koordinator KONI di tiap kecamatan. “Olahraga catur ini cukup merakyat di Tabanan dan untuk pembibitan bisa bersinergi dengan sekolah-sekolah, mengingat catur sudah dipertandingkan di Porjar,” ucapnya.

Bahkan, Tabanan juga memiliki sekolah sekaligus sentral pembinaan berbasis catur, seperti SDN 1 Dajan Peken, serta salah satu SD Islam juga sebagai pusat latihan dan pengembangan catur. IB Sudha Adnyana diberi waktu 10 hari, guna menyusun kabinet pengurusnya. “Bagi pengurus catur diharapkan memiliki kualitas SDM mumpuni, sekaligus getol melakukan regenerasi pengurus sehingga melibatkan personil yang muda-muda,” tutur Kadek Nur.

Baca juga:  Caturwulan I, Tren Otomotif Mulai Membaik

Menurut dia, catur sebagai olahraga merakyat perlu dikembangkan dan dimassalkan. Upaya sosialisasi, Percasi Tabanan berniat menggelar permainan catur melibatkan pecatur bergelar Master Nasional (MN), meladeni sederet pecatur muda berbakat dan bertalenta. “Langkah ini diharapkan mampu memotivasi generasi muda untuk menekuni olahraga asah otak ini,” tukasnya.

Kadek Nur menambahkan, Tabanan memiliki sederet pecatur belia yang sangat potensial untuk dibina dalam upaya mengukir prestasi. Usai pergantian pengurus Percasi Tabanan ini, akan dilakukan Musprov Percasi Bali di KONI Bali, pada Senin (22/2). (Daniel Fajry/Balipost)
Ketua Pengkab Percasi Tabanan yang baru terpilih Ida Bagus Gde Sudha Adnyana (kiri). (BP/Ist)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *