Kadek Suartaya. (BP/Istimewa)

Oleh Kadek Suartaya

Masyarakat dunia telah mengenal Bali sebagai Pulau Kesenian. Penulis buku ‘’Island of Bali’’ (1937), Miguel Covarrubias, menyebut semua orang Bali adalah seniman. Ritual keagamaan yang tiada henti bergulir sambung-menyambung sepanjang tahun di Pulau Dewata, senantiasa disertai dengan keindahan seni.

Ritme kehidupan penduduknya dengan adat dan tradisi yang lestari, tak pernah jeda dengan lantunan suara gamelan di seluruh penjuru pulau. Namun tahun 2020 adalah hari-hari senyap bagi kesenian Bali.

Setidaknya sembilan bulan terakhir ini, sumringah kesenian Bali kuyu layu. Wabah Corona yang mencengkeram jagat, memasung segala aktivitas seni. Kegiatan berkerumunan yang dibatasi, bahkan dilarang, mengekang penampilan beragam ekspresi seni. Seni pertunjukan yang merupakan bagian penting dalam ritual keagamaan, sebagai tontonan masyarakat, dan atraksi seni yang diminati wisatawan, tersungkur di pojok teronggok sepi.

Para pegiat seni yang tulus melakoni kesenimanannya dan profesionalitasnya termangu sedu. Kegetiran nan menggelisahkan seperti ini belum pernah terjadi pada dunia seni di tengah masyarakat yang ber-‘’DNA’’ seni ini.

Masyarakat Bali pada umumnya, gundah walau harus pasrah. Peristiwa kesenian keagamaan yang terjegal oleh malapetaka Covid-19 di tahun 2020 adalah kreativitas seni ogoh-ogoh pada hari raya Nyepi di bulan Maret dan persembahan ngelawang hari raya Galungan dan Kuningan di bulan September.

Baca juga:  Kesenian Bali Gagap dan Gegap di Dunia Maya

Ogoh-ogoh yang telah dipersiapkan oleh anak-anak muda Bali sejak sekitar awal Januari, saat ritual pangerupukan — sehari jelang Nyepi — tak berkesempatan diarak. Ogoh-ogoh yang menggambarkan karakter menyeramkan, membisu jinak.

Demikian pula saat Galungan-Kuningan pada pertengahan September, sajian ngelawang aneka bentuk barong yang lazim dibawakan para remaja, tak tampak berkeliling desa menyambangi penonton. Ritual atau pentas seni nomaden yang ditunggu-tunggu masyarakat Bali ini tak hadir memberi rahmat dan menyuguhkan hiburan.

Kesenian ritual keagamaan dalam konteks panca yadnya, selain memiliki arti esensial dalam prosesi upacara, juga sebagai wahana ngayah persembahan bakti. Namun dewa yadnya yang memberi ruang luas pada suguhan seni, di tahun 2020 begitu merana di bawah teror Corona. Kumandang kidung suci yang dibawakan sekaa pesantian tak terdengar alunannya. Denting gamelan Slonding yang wingit hingga sajian teduh lelambatan Gong Gede tak tampak unjuk tatabuhan.

Untaian beragam variasi tari Rejang yang lestari di seluruh Bali tersipu diam. Juga teater Topeng Sidakarya sebagai ungkapan legitimasi sebuah ritual keagamaan, tidak unjuk tutur berkisah dan berpetuah di hadapan masyarakat religius Bali. Begitu nelangsanya kesenian Bali di tengah kecemasan akibat grubug dunia ini.

Baca juga:  Strategi Menjaga Nilai Tukar Petani

Dulu, ketika bencana atau wabah penyakit menerjang masyarakat Bali, justru merebak fluktuasi kehadiran kesenian tolak bala. Kesenian peninggalan zaman prasejarah ini, yaitu beragam tari Sanghyang, diusung takzim sebagai pelindung masyarakat, tampil dalam atmosfer magis. Sanghyang Dedari di Bali Selatan, Sanghyang Memedi di Bali Utara, Sangyang Bojog di Bali Barat, Sanghyang Celeng di Bali Timur, dan Sanghyang Jaran di Bali Tengah adalah simbolisme transedental yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit atau menetralisir kecemasan, menghalau ketakutan yang mengerikan.

Akan tetapi kini, di tengah penerapan protokol kesehatan, physical distancing dan social distancing, tidak terlihat adanya komunitas masyarakat yang berserah diri akan keselamatannya, mohon perlindungan Hyang Widhi lewat perantara tari Sanghyang.

Di luar sajian seni yang berkaitan langsung atau tak langsung dengan aktivitas keagamaan, masyarakat Bali menyayangi seni sebagai balih-balihan. Dalam bingkai ini, kesenian Bali ditempatkan sebagai tontonan presentasi estetik yang bermuatan tuntunan. Nasibnya di tahun 2020 ini juga memilukan. Gemulai eloknya tari Legong, merdunya tembang yang dikisahkan dramatari Arja, dan kenes menterengnya seni kebyar — untuk menyebut sebagian kecil dari seni balih-balihan — semuanya pada tiarap istirahat tanpa gugat.

Baca juga:  NFT: Memasarkan Karya Seni dengan Teknologi

Masyarakat penonton pun kehilangan asupan batin, melakoni hari-hari nestapa kehidupan dengan nurani gersang. Sebab, jagat seni bagi masyarakat Bali bukan sekadar tontonan namun juga membinarkan tuntunan yang mencemeti optismisme kehidupan.

Tengok, betapa kesenian merupakan representasi semangat kehidupan dapat ditelusuri pada arena berkesenian yang dikenal dengan Pesta Kesenian Bali (PKB). PKB 2020 yang urung diselenggarakan akibat wabah Covid-19, sungguh ‘’kejam’’ menelikung semangat para insani seni dan masyarakat penonton pecinta seni. Bagaikan petir di siang bolong, tanpa berkabar, pagebluk yang menyeringai mengancam penduduk dunia, ‘’meluluhlantakkan’’ perhelatan seni yang semestinya berlangsung pada bulan Juni-Juli.

Para pegiat seni di seantero Bali, tertegun dan termangu, menghadapi pembatalan forum seni bergengsi yang telah bergulir sejak tahun 1979 tersebut. Persiapan yang telah dilakukan jauh-jauh hari dianulir oleh malapetaka yang tidak kenal kompromi. Semangat kehidupan berseni budaya, menenun kemuliaan peradaban bangsa, sementara mesti dikendurkan, berharap suatu saat jika wabah telah sirna, kembali menggeliat berkobar.

Penulis adalah pemerhati seni budaya, dosen ISI Denpasar

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *