Surya Darma berlatar belakang karyanya. (BP/istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Ketika COVID-19 mewabah, banyak yang melihat pandemi itu dari sisi negatif. Tapi bagi perupa I Gede Made Surya Darma, pandemi itu direspons dari sisi lain.

Lewat karya berjudul ‘’Out of The Box’’, perupa asal Desa Senganan, Penebel Tabanan ini berupaya meresponsnya dari sisi positif, menyemangati diri untuk beradaptasi dengan keadaan seperti saat ini, dengan menerapkan prokes ketat.

Karya Out of The Box tersebut, satu dari tujuh lukisan yang dipamerkan dalam acara yang bertajuk Timeless Art Exhibition & Culinare di Kuta. Dalam acara yang berlangsung mulai Senin (21/12) hingga 1 Januari 2021 itu, Surya menampilkan 7 karya lukisan yang bertemakan buah-buahan, merespons tema Timeless tersebut.

Baca juga:  Dibuka, Penyeberangan Ketapang Langsung Antre

Dikatakan, dalam kepercayaan spiritualitas, angka 7 merupakan simbol dalam kisah hari penciptaan. “Karena itu saya juga mempersiapkan pameran ini selama 7 hari, terinspirasi dari kepercayaan bangsa Ibrani, bahwa Tuhan menciptakan alam semesta ini selama 7 hari dan berakhir pada penciptaan manusia pada hari ketujuh. (Genesis Creation Narative), ” ujarnya.

Karya ‘’Out of the Box’’, menyikapi musibah yang sedang melanda dunia yaitu COVID-19. Banyak orang berpikir dari sisi negatif. Namun Surya selaku seniman mencoba berpikir dari sisi positif, menyemangati diri untuk beradaptasi dengan keadaan ini. (Subrata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *