BERHASIL lolos dalam seleksi tingkat regional, siswa berprestasi I Putu Evan Priya Saguna, yang berasal dari SMA Negeri 4 Denpasar ini telah mampu menyisihkan 8 peserta di penjurian seleksi tingkat regional wilayah Jawa 2 yang berkompetisi dengan Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan NTB.

Dengan judul karyanya berbasis tehnologi yaitu Guiding Block Follower, anak muda kreatif ini membawakan projek yang memanfaatkan tehnologi berbasis Arduino untuk membantu khusus penyandang tunanetra saat berjalan di trotoar. Sebelumnya pada saat proses penjurian tingkat regional, dua pelajar terpilih berprestasi yaitu Bagas Pratama Dewa siswa SMAN 7 Denpasar, I Putu Evan Pria Saguna siswa SMAN 4 Denpasar, mereka berdua bersaing untuk meraih 12 besar yang akan maju babak Nasional secara virtual. Dan yang berhasil masuk ke babak final adalah I Putu Evan Pria Saguna.

Baca juga:  Maling Digigit Ular Ternyata Baru 3 Bulan ke Luar Lapas

Seleksi penjurian pada tahap Nasional yang dilakukan pada 5 Nopember 2020 secara virtual dengan dewan juri dari internal Astra Honda Motor dan pihak external dari Kementerian Pendidikan dan Kebudaaan RI sebanyak 5 orang. Di hadapan dewan juri pembawaan materi yang disajikan I Putu Evan Pria Saguna secara padat dan komunikatif membuat kagum dewan juri ditambah dengan jawaban yang sangat lugas atas pertanyaan yang lontarkan saat penjurian via online.

Baca juga:  Pasca Sarjana UNR Terima Kunjungan Uniska Banjarmasin

Region Head Astra Motor Bali, Wahyudi Saputra mengatakan sesuai perkembangan dunia pendidikan saat ini konsep perlombaan juga semakin disempurnakan yaitu melalui virtual, termasuk penyisihan tahap Nasional. Keberhasilan hingga salah satu siswa masuk babak 12 besar merupakan kebanggan dari siswa, sekolah maupun pihak main dealer. Karya yang dibawakan I Putu Evan Pria Saguna Guiding Block Follower sangat bagus membantu penyandang tunanetra saat berjalan di trotoar.

“Semoga pada tahap Nasional ini perwakilan Bali dapat memberikan yang terbaik dan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk selalu berinovasi melahirkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat Bali. Selain itu kami juga mohon dukungan dari berbagai pihak untuk mensuskseskan penjurian di kategori favorite dengan vote melalui google form pada link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScP_-YcU5ST4PGj2eCv7Fl4B4XropBiKxmKR0vmq_H9NhulA/viewform, Mari kita dukung wakil Bali menjadi juara, ” ungkap Wahyudi.

Baca juga:  Sambut Lebaran 2017, Lebih dari 175 BTS Dibangun di Bali Nusra

Gelaran AHM Best Student 2020 tahun ini memasuki tahun pelaksanaan ke 18. Pelaksanaan kompetisi pun mengalami perubahan yaitu dilakukan secara daring. Kategori perlombaan tahun ini dibagi menjadi 5 kategori yaitu tema pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi. (kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.