Dermaga Tanah Ampo. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com –  Keberadaan Dermaga Tanah Ampo di Kecamatan Manggis, Karangasem cukup lama mangkrak tak dioperasikan akibat pembangunannya belum tuntas. Tapi kini, dermaga yang pengerjaanya menghabiskan dana puluhan miliar dari pemerintah pusat itu difungsikan untuk bersandarnya kapal pengangkut barang.

Kepala Kantor KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Rabu (21/10) mengungkapkan, pengoperasian sementara Dermaga Tanah Ampo untuk bersandarnya kapal LCT pengangkut barang, setelah dilakukan koordinasi Kemenhub dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai. “Dermaga kita dioperasikan untuk mengoptimalisasi asset Dermaga Tanah Ampo yang terbengkalai. Karena selama ini, dermaga cruise belum bisa dioperasikan serta belum memberikan pemasukan signifikaan kepada pemerintah pusat,” ucapnya.

Baca juga:  Pohon Tumbang di Bukit Jambul, Dua Mobil Ringsek

Suyasmin menambahkan, sebelumnya pihak KSOP Padangbai telah sempat melakukan uji coba terhadap dermaga sebelum proses pengoperasian memakai kapal LCT Berkat Mandiri 99 dengan mengangkut muatan semen sebanyak 150 ton tujuan ke Nusa Penida, Klungkung. Uji coba yang dilakukan berjalan lancar dan tak ada hambatan.

Pengoperasian dermaga akan terus berlanjut. Kapal LCT pengangkut barang tujuan ke Nusa Penida akan sandar di Dermaga Tanah Ampo. “Dengan begitu, maka keberadaan Dermaga Tanah Ampo bisa dimanfaatkan dan berfungsi optimal,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dermaga Tanah Ampo Mangkrak Lagi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *