KESEHATAN - Seorang komikus, Selasa (20/10) di Tabanan tengah menggambar karikatur disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk memperlambat penyebaran Covid-19. (foto/eka adhiyasa)

TABANAN, BALIPOST.com – Tak hanya pemerintah, beragam cara juga dilakukan komponen masyarakat untuk mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes). Tak terkecuali kreator komik Beluluk, Putu Dian Ujiana.

Di beberapa seri komik Beluluk, Putu Dian menyelipkan pesan agar masyarakat disiplin menerapkan prokes. Sebagai komikus, ia mensosialisasikan prokes dengan unsur humor. “Disesuaikan dengan karakter komik Beluluk itu sendiri yang memang sarat humor,” ujarnya, Selasa (20/10).

Baca juga:  Dihukum 17 Tahun Atas 5.977 Butir Ekstasi, Terdakwa Langsung Banding

Putu Dian menjelaskan, pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap semua sektor. Maka dari itu, semua pihak diharapkannya berperan aktif untuk menanggulanginya. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan masyarakat yakni disiplin menerapkan prokes, seperti mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah serta physical distancing.

Karya-karyanya yang mengandung sosialisasi prokes tak hanya dipajang di akun media sosial Beluluk. Berkat kerja sama dengan pihak terkait, di sejumlah ruas jalan utama khususnya di Denpasar dan Badung, karakter Beluluk yang mensosialisasikan prokes dapat dilihat di videotron maupun reklame berukuran besar.

Baca juga:  Saham Anjlok Karena COVID-19, Investasi Beralih

“Saya berharap dengan kontribusi tersebut bisa ikut mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Semoga pandemi ini bisa segera berlalu dan kita bisa beraktivitas kembali dengan normal,” katanya. (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.