Ilustrasi. (BP/Suarsana)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jumlah kasus COVID-19 harian yang dilaporkan Bali pada Jumat (9/10) mengalami peningkatan signifikan dibandingkan sehari sebelumnya, di atas 130 orang. Terdapat juga korban jiwa yang dilaporkan hari ini.

Menurut Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Bali, terdapat sebanyak138 orang dilaporkan terkonfirmasi COVID-19. Kumulatif kasus positif yang ditangani Bali mencapai 9.897 orang.

Komposisinya jika dilihat dari penularannya adalah transmisi lokal 9.502 orang, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebanyak 306 orang, dan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) mencapai 89 orang.

Untuk kasus baru, seluruh kabupaten/kota melaporkan penambahan warga terjangkit. Bahkan dominasi 3 daerah sangat terlihat. Sebanyak 102 kasus baru yang dilaporkan hari ini berada di 3 wilayah, yaitu Denpasar sebanyak 36 orang, Badung 34 orang, dan Gianyar 32 orang.

Sisanya melaporkan belasan kasus sebanyak 1 kabupaten, yakni Jembrana, sedangkan 5 kabupaten melaporkan kasus di bawah 10 orang. Kelima kabupaten ini adalah Buleleng 7 orang, Klungkung dan Tabanan sama-sama melaporkan tambahan 5 orang, Karangasem 4 orang, dan Bangli 3 orang.

Baca juga:  Hasil Tes Swab Pedagang Pasar Kumbasari Keluar, Belasan Positif COVID-19

Kasus meninggal bertambah sebanyak 4 orang. Tiga kabupaten kembali menambahkan kasus kematian.

Kasus kematian terbanyak disumbangkan Gianyar dengan jumlah 2 orang. Sedangkan Tabanan dan Denpasar kembali menambahkan jumlah kasus kematian masing-masing sebanyak 1 orang.

Kumulatifnya berjumlah 317 orang. Rinciannya 315 WNI dan 2 WNA.

Untuk lima besar yang paling banyak mencatatkan kasus kematian yaitu Denpasar 61 orang, posisi kedua adalah Gianyar dengan 51 korban jiwa.

Posisi ketiga adalah Karangasem dengan 47 korban jiwa. Buleleng yang melaporkan 44 korban jiwa ada di posisi keempat. Badung ada di posisi kelima dengan jumlah 36 korban jiwa.

Sementara itu, Tabanan melaporkan 31 orang meninggal ada di posisi keenam. Bangli ada di posisi tujuh dengan 28 korban jiwa.

Baca juga:  Kontribusi Devisa 28,9 Persen, Bali Jangan Hanya Dijadikan Obyek Pariwisata

Klungkung melaporkan 10 pasien COVID-19 meninggal. Di posisi terakhir adalah Jembrana yang melaporkan 7 korban jiwa.

Pasien Sembuh

Tambahan pasien COVID-19 sembuh yang dilaporkan Bali ini sama dengan jumlah pasien baru. Jumlahnya 138 orang sehingga kumulatifnya menjadi 8.455 orang.

Jika dilihat dari sebarannya, satu kabupaten nihil melaporkan pasien sembuh. Yaitu Buleleng.

Sedangkan untuk penyumbang pasien sembuh terbanyak dilaporkan Badung. Rekor jumlah pasien sembuh di Badung mencapai 65 orang. Posisi kedua adalah Denpasar sebanyak 34 pasien sembuh.

Kemudian di posisi ketiga adalah Gianyar sebanyak 13 orang. Keempat adalah Bangli yang melaporkan 8 kasus sembuh, dan kelima adalah Tabanan dan Karangasem yang melaporkan 6 pasien sembuh.

Sementara itu, dua kabupaten melaporkan tambahan pasien sembuh di bawah 5 orang, yaitu Jembrana 3 orang dan Klungkung 2 orang.

Baca juga:  Kasus Korupsi, Mantan Kadis Dituntut 1,5 Tahun, Bendahara 2 Tahun

Juga dilaporkan 1 WNA sembuh.

Kasus Aktif

Masih ada kasus aktif sebanyak 1.125 orang. Pemegang posisi pertama adalah Kabupaten Badung. Jumlah kasus aktifnya sebanyak 306 orang.

Denpasar balik ke posisi kedua seiring makin tingginya tambahan kasus. Kasus aktifnya sebanyak 236 orang.

Gianyar ada di posisi ketiga dengan kasus aktif 226 orang. Posisi keempat kembali diambil Tabanan dengan jumlah kasus 98 orang. Di posisi kelima Karangasem dengan jumlah 69 orang.

Selain itu, sisa 4 kabupaten, kasus aktifnya masih mencapai puluhan orang. Yakni Klungkung 55 orang, Jembrana 51 orang, Buleleng 50 orang, dan Bangli 32 kasus aktif.

Juga masih ada 1 WNA dan 1 orang dari kabupaten lainnya yang dirawat. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.